Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam. Foto: Ilham Pratama Putra
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam. Foto: Ilham Pratama Putra

Viral #MendikbudDicariMahasiswa

Kemendikbud Siap Temui Mahasiswa Soal Uang Kuliah

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Biaya Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 03 Juni 2020 17:02
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud0 siap menemui mahasiswa membahas masalah uang kuliah tunggal (UKT). Hal ini merespons ramainya tagar #MendikbudDicariMahasiswa di Twitter.
 
"Insyaallah saya selalu membuka diri untuk menerima masukan dari mana pun," kata Pelaksana tugas Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam kepada Medcom.id, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Komisi X DPR siap pula menjadi mediator antara Kemendikbud dengan mahasiswa. DPR melihat tagar yang viral ini merupakan keluhan mahasiswa dan bentuk kebuntuan komunikasi antara para mahasiswa dengan jajaran Kemendikbud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika diperlukan kami siap mencairkan kebuntuan komunikasi tersebut dengan mengundang Mendikbud maupun perwakilan Aliansi BEM untuk bicara bersama,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, kepada wartawan, Rabu, 3 Mei 2020.
 
Dia menjelaskan, persoalan tuntutan mahasiswa terkait besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama pandemi covid-19 merupakan sesuatu yang harus didengar. Kesulitan mahasiswa dalam membayar biaya kuliah selama wabah covid-19 akibat penurunan pendapatan para orang tua mahasiswa merupakan kesulitan nyata.
 
“UKT merupakan model pembayaran kuliah yang berbasis penghasilan orang tua, jika banyak orang tua yang mengalami penurunan pendapatan selama wabah covid-19, maka sudah sewajarnya ada kebijakan relaksasi besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa,” ujarnya.
 
Baca:Viral #MendikbudDicariMahasiswa, Komisi X Siap Memfasilitasi Pertemuan
 
Huda mengatakan, dari kronologis yang disampaikan oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia diketahui jika perwakilan mahasiswa sudah mengirimkan permohonan audiensi kepada Kemendikbud sejak 29 April 2020. Para mahasiswa ingin menyampaikan aspirasi terkait relaksasi biaya kuliah selama masa pandemi.
 
Di antaranya permohonan bantuan internet untuk mendukung perkuliahan daring, hingga bantuan logistik bagi para mahasiwa yang tidak bisa pulang kampung. Selain itu para mahasiwa juga ingin menyampaikan aspirasi terkait isu kesejahteraan guru honorer dan pembelajaran jarak jauh di Indonesia yang masih belum siap.
 
“Namun ternyata sampai kemarin permohonan audiensi itu tidak mendapat tanggapan, sehingga munculah tagar #MendikbudDicariMahasiswa yang sempat menjadi trending di media sosial,” ujarnya.
 

(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif