Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

SNMPTN/SBMPTN 2020

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Besok, Cermati Tahapannya

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 13 Februari 2020 18:21
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 Jumat, 14 Februari 2020. Pendaftaran berlangsung hingga dua pekan ke depan.
 
"Iya, besok sudah mulai untuk pendaftaran pukul 14.00 WIB, berlangsung sampai 27 Februari," kata kepala LTMPT, Mohammad Nasih kepada Medcom.id, Kamis,13 Februari 2020.
 
Nasih menyatakan, tak ada yang berbeda dalam proses SNMPTN tahun ini dengan 2019 lalu. Rektor Universitas Airlangga itu mengklaim, segala sistem telah siap untuk digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua sudah disiapkan, tinggal menunggu calon mahasiswanya," ungkap dia.
 
Nasih mengimbau, agar siswa terlebih dahulu memantapkan pilihan saat melakukan pendaftaran, baik memilih prodi maupun perguruan tingginya. "Yang penting sudah mantap pilihannya, enggak berubah-ubah. Itu yang paling penting," lanjut Nasih.
 
Lebih lanjut, Nasih menjelaskan ketentuan daya tampung mahasiswa baru untuk penerimaan mahasiswa baru PTN 2020. Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.
 
Adapun kuota setiap prodi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.
 
Sementara itu, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Sedangkan PTNBH akan menampung minimal 20 persen untuk jalur SNMPTN.
 
Tahapan Pendaftaran
 
Untuk diketahui,LTMPT melalui PDSS (laman https://rank.pdss.snmptn.ac.id/) akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan e-mail dan password login ke laman Portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
 
Siswa pendaftar akan diminta mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
 
Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id. Terakhir, siswa pendaftar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif