Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo. DOK Unair
Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo. DOK Unair

Berguna Bagi Kehidupan, Karya Sastra Mesti Dihargai Sejak Dini

Renatha Swasty • 22 Maret 2022 16:36
Jakarta: Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo menyebut sangat penting menghargai karya sastra sejak dini. Karya sastra mendorong keluasan cara berpikir dan memahami sesuatu hal juga persoalan.
 
Terbiasa membaca karya sastra memicu seseorang berpikir luas dari berbagai sudut pandang serta mendalam. Karya sastra mampu memberikan nilai positif yang berguna dalam kehidupan. Karena itu, menumbuhkan rasa cinta terhadap karya sastra kepada generasi milenial adalah hal penting.
 
“Mampu untuk menghargai bahkan hingga menciptakan sebuah karya sastra menjadi sebuah kemampuan luar biasa yang harus dipupuk sejak dini di dunia pendidikan,” kata Suko dikutip dari laman unair.ac.id, Selasa, 22 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suko menyebut inspirasi menjadi kunci penting dalam melahirkan sebuah cerita apik dan sarat makna. Kreativitas juga tidak kalah penting dalam mengembangkan cerita agar maksud dan emosi yang ingin disampaikan dapat menyentuh hati pembaca.
 
“Inspirasi dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam menciptakan sebuah karya sastra. Yang mana inspirasi bernilai 1 persen dan kreativitas adalah 99 persen,” ucap dia.
 
Suko menekankan apresiasi juga harus diberikan kepada generasi muda sebagai calon sastrawan masa depan. Khususnya, mereka yang berani dan mampu menelurkan karya sastra baru.
 
Selain itu, pemerintah maupun lembaga pendidikan juga mesti mendorong serta mendampingi pelajar dan mahasiswa terus meningkatkan minat menulis dan membaca. Hal itu akan sangat membantu dalam mengkreasi masa depan literasi bangsa.
 
“Penguatan literasi juga akan berdampak pada bagaimana masyarakat menangkal hoaks,” ujar dia.
 
Baca: Kritik Sastra dan Esai: Definisi, Perbedaan, Ciri, dan Strukturnya
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif