Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi

UTBK 2022 Dimulai Besok, LTMPT Siapkan Terobosan untuk Antisipasi Joki

Citra Larasati • 16 Mei 2022 13:22
Jakarta:  Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan digelar mulai besok, 17 Mei hingga 23 Mei 2022.  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah melakukan sejumlah persiapan demi kelancaran ujian, termasuk upaya mengantisipasi perjokian.
 
Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, jika persiapan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 berjalan lancar. "Alhamdulillah semuanya sudah siap dari Sabang sampai Merauke," kata Budi kepada Medcom.id, Senin, 16 Mei 2022.
 
Kesiapan tersebut, kata Budi, termasuk sejumlah inovasi yang dilakukan LTMPT untuk mencegah praktik perjokian selama UTBK berlangsung.  Namun Budi merahasiakan langkah serta sistem yang disiapkan untuk mencegah perjokian tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah siap (cegah perjokian). Tapi tidak semua akan diungkapkan kepada joki," tegasnya.
 
Tak lupa Budi mengimbau agar peserta UTBK beristirahat dengan cukup menjelang ujian.  Selain itu Budi meminta agar peserta tidak melakukan kegiatan yang tidak penting di luar rumah jelang haru ujian. "Istirahat cukup agar siap ujian," kata Budi kepada Medcom.id, Senin, 16 Mei 2022.
 
Budi juga mengingatkan peserta UTBK agar membaca kembali seluruh aturan ujian yang ada.  Seluruh aturan telah diunggah di laman resmi LTMPT.
 
"Baca baik-baik sebelum berangkat tentang aturan yang harus dipenuhi, baca kartu ujian," terangnya.
 
Tidak lupa ia mengingatkan agar peserta tidak datang terlambat.  Untuk itu disarankan agar sudah tiba di lokasi UTBK satu jam lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. "Datang lebih awal dan jangan terlambat," serunya.
 
Peserta juga diminta untuk mencari informasi dan mengecek lokasi ujian satu hari sebelumnya.  termmasuk mengukur jarak serta waktu tempuh antara rumah dan lokasi ujian, agar di hari H pelaksanaan dapat terhindar dari keterlambatan.
 
Baca juga:  UTBK Gelombang I Mulai Digelar Besok, LTMPT Minta Peserta Lakukan Ini
 
Bagi peserta yang mendapat lokasi UTBK namun tidak diperkenankan untuk melakukan cek lokasi secara langsung, Budi meminta peserta untuk mencari informasi lokasi secara daring.
 
"Kalau tidak diizinkan cek lokasi luring pasti sudah dibuatkan video yang bisa dipahami dengan mudah," imbuhnya.
 
Pelaksanaan UTBK 2022 akan dibagi ke dalam dua gelombang.  Untuk gelombang I akan digelar mulai 17-23 Mei 2022, sedangkan UTBK gelombang II mulai 28 Mei-3 Juni 2022.  Informasi lengkap seputar Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2022 dapat diakses langsung melalui laman Itmpt.ac.id dan media sosial @ltmptofficial.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif