Kelas BIPA di Institut Universitaire de Technologie. Foto: BKHM
Kelas BIPA di Institut Universitaire de Technologie. Foto: BKHM

Lima Kampus di Prancis Buka Kelas BIPA

Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 28 Januari 2022 21:51
Jakarta:  Institut Universitaire de Technologie (IUT) Le Havre menjadi kampus kelima setelah Inalco Paris, Université La Rochelle, Universite Le Havre, dan Université Savoie Mont Blanc yang membuka kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).  Kelas BIPA di kampus tersebut mulai dibuka tahun ini.
 
Atdikbud Paris, Warsito menyambut baik dan mengapresiasi pimpinan IUT Le Havre atas dibukanya kelas BIPA. “Kami telah melakukan berbagai program baik melalui presentasi, seminar, perlombaan, pekan budaya, dan kerja sama dengan akademik lainnya untuk memperkenalkan BIPA. Hasilnya, terima kasih kepada pimpinan IUT Le Havre untuk pertama kalinya menyelenggarakan kelas BIPA pada awal 2022,” ungkap Warsito, dalam siaran pers, Jumat, 28 Januari 2022.
 
Di depan mahasiswa IUT Le Havre, Warsito mengapresiasi mereka atas ketertarikan untuk belajar BIPA.  Ia juga mengenalkan Indonesia yang kaya akan diversitas alam dan budaya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Untuk itu, kalian (mahasiswa IUT Le Havre) dapat magang atau ikut pertukaran mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia,” tutur Warsito. 
 
Sementara itu, Direktur Kerja Sama Internasional IUT Le Havre, Thierry Tabellion berharap kelas BIPA ini menjadi salah satu pintu utama untuk membuka dan memperkuat kerja sama antara IUT Le Havre dengan kampus di Indonesia. ”Kami harap KBRI Paris selalu mendampingi dan mendukung penuh jalannya kelas BIPA ini,” harapnya. 
 
Pada kesempatan yang sama, pengajar kelas BIPA di IUT Le Havre, Karine Delforge menyampaikan ungkapan terima kasih atas pembukaan kelas BIPA di IUT Le Havre. Karine mengatakan, kelas BIPA ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun dan ditawarkan hanya untuk satu kelas.
 
Karine adalah salah satu alumni Kelas BIPA KBRI Paris yang rajin dan aktif mengikuti pembelajaran selama dua tahun. Saat ini, Karine telah menyelesaikan kelas BIPA tingkat lanjut.
 
Baca juga:  Lulusan Terbaik UMM, Kuasai 6 Bahasa Asing dan 3 Bahasa Daerah
 
Karine juga merupakan peserta yang menerima penghargaan sebagai salah satu peserta terbaik Kelas BIPA KBRI Paris tahun 2021.  Pengembangan kelas BIPA menjadi salah satu pilar yang diembankan kepada semua perwakilan di KBRI, khususnya bagi Atdikbud.
 
Pilar yang lain adalah bidang pendidikan, kebudayaan, dan pembinaan pelajar. Untuk itu, KBRI Paris selalu mengupayakan semua pilar tersebut secara maksimal.
 
Pada 2021, total peserta kelas BIPA yang dikelola KBRI Paris telah mencapai 290 orang. Selama masa pandemi covid-19, pengajaran kelas BIPA dilaksanakan secara daring dan pada semester kedua tahun 2021 dilaksanakan secara hybrid
 
Turut hadir juga pada Inagurasi Pembukaan kelas BIPA ini, Direktur IUT le Havre, Hugues Duflo; Direktur Master Bisnis dan Manajemen, Darwis Khudori; dan jajaran pimpinan IUT Le Havre lainnya sebanyak  39 orang peserta termasuk mahasiswa
 
Kegiatan pembukaan kelas BIPA dilanjutkan dengan lokakarya bersama jajaran pimpinan IUT Le Havre tentang kerja sama akademik dan program rencana pengiriman mahasiswa IUT untuk magang di beberapa kampus di Indonesia.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif