Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar.

Nadiem Soal Data Klaster Sekolah: Banyak Error

Pendidikan Sekolah Nadiem Makarim Pembelajaran Tatap Muka Klaster Covid-19 di Sekolah
Ilham Pratama Putra • 28 September 2021 07:26
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sempat menampilkan data angka penularan covid-19 di satuan pendidikan. Dari data tersebut dijelaskan jika terdapat sekitar 1.300 sekolah yang menjadi klaster covid-19.
 
Namun, belakangan data tersebut telah diluruskan Kembali. Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan ada miskonsepsi dalam pendataan tersebut.
 
"Itu data mentah yang banyak error-nya, data itu lebih banyak daripada jumlah murid yang ada di sekolahnya," kata Nadiem dalam Keterangan Pers Menko dan Menteri terkait Hasil Ratas PPKM, Senin, 27 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun menjelaskan banyak miskonsepsi pada data 2,8 persen sekolah menjadi klaster tersebut. Dia menjelaskan angka 2,8 persen kasus itu merupakan data akumulasi selama pandemi.
 
Baca: Informasi Klaster Sekolah di Jakarta, Ini Data Versi Menkes
 
"Angka 2,8 persen satuan pendidikan meskipun itu sudah kecil, tapi itu adalah data kumulatif, bukan data per satu bulan, jadi itu semua dari seluruh masa covid ini, bukan dari bulan terakhir di mana PTM terjadi," terang dia.
 
Nadiem mengaku saat ini berpegang pada data yang dimiliki Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Oleh karena itu, dia tidak terlalu khawatir terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.
 
Dia mengaku lebih khawatir bila banyak sekolah yang belum bisa melaksanakan PTM. Sebab, pendidikan jarak jauh (PJJ) dinilai kurang efektif bagi para siswa.
 
"Kami secara proaktif akan menemukan dan secara statistis akan mencapai level akurasi yang tinggi utk menunjukan apakah kita patut khawatir atau tidak," tutur Nadiem.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif