ilustrasi mahasiswa.  Foto:  MI/Panca Syurkani
ilustrasi mahasiswa. Foto: MI/Panca Syurkani

Mahasiswa Potensial Jadi Pengusaha di Industri Kreatif

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 17 September 2019 18:19
Jakarta:Tren perkembangan teknologi digital turut membuka peluang dunia kewirausahaan di sektor ini. Anak muda khususnya mahasiswa memiliki potensi besar menjadi wirausahawan muda di industri kreatif.
 
“Kita lihat tren kewirausahaan dunia dan satu peluang wirausaha terbuka bagi banyak orang karena punya peluang bisnis yang sebelumnya tidak terfikirkan. Pengusaha tidak datang dari kalangan usia menengah tapi milenial,” kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ismunandar di acara Meet-Up Startup Mahasiswa Indonesia 2019,di Universitas Mercu Buana, Jalan Meruya Selatan, Jakarta Barat, Senin 16 September 2019.
 
Sebagai contoh, ketika Ismunandar bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di acara peresmian salah satu perguruan tinggi. Ia mengaku terkejut dan heran pada anak muda, saat ini tak punya perusahaan secara fisik tapi memiliki omzet perusahaan digital yang berjuta-juta dollar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“JK berkomentar unik dan bilang kok bisa perusahaan enggak jelas tapi nilai perusahaannya besar sekali. Perusahaan saya banyak tapi nilainya tidak sebesar itu. Artinya saya enggak habis mengerti gitu istilahnya,” jelas Ismunandar.
 
Ia mengakui bahwa tak hanya milenial saja yang dituntut untuk mengerti dengan perubahan zaman dan teknologi informasi. Para generasi yang sudah senior pun jangan sampai gagap teknologi (gaptek) dan alergi terhadap perkembangan industri digital.
 
“Semua kita dituntut untuk beradaptasi sekarang dan peluang berbisnis kita tak hanya di Indonesia tapi peluangnya di mana-mana termasuk global,” ujar Ismunandar.
 
Semua warga negara turut memanfaatkan teknologi informasi yang kian berkembang. Tak ayal inovasi terbarukan berasal dari pengusaha yang masih berumur milenial.
 
“Ini peluang baru dan bisnis baru dan bercirikan memanfaatkan teknologi baru, teknologi informasi dan data,” tuturnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif