Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

BRIN Ditargetkan Jadi Ladang Pengembangan Riset dan Inovasi

Pendidikan Riset dan Penelitian
Intan Yunelia • 25 Oktober 2019 20:42
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro mengatakan akan segera menyelesaikan proses restrukturisasi kementerian yang dipimpinnya. Hal tersebut menjadi target jangka pendeknya, agar ke depannya pengembangan ekosistem untuk riset dan inovasi melalui Badan Riset Inonavasi Nasional dapat segera berjalan.
 
Sebagaimana diketahui sesuai Keputusan Presiden No. 113/P Tahun 2019 telah dibentuk Kemenristek/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang merupakan perubahan dari Kemenristekdikti. Setelah menjadi badan dan kementerian tersendiri, BRIN harus menjadi ladang ekosistem yang kondusif bagi pengembangan riset dan inovasi di Indonesia.
 
Riset yang berdampak bagi masyarakat bukan hanya sekadar penelitian. "Environment riset dan inovasi yang ingin kita bangun juga akan mendukung investasi, menciptakan banyak lapangan kerja, dan memperkuat UMKM", kata Bambang di Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang juga menekankan, bahwa untuk mewujudkan cita-cita penciptaan ekosistem penguatan riset, teknologi dan inovasi di Indonesia, Kemenristek membuka seluas-luasnya kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Baik dari unsur pemerintah, akademisi, swasta, media, dan sektor lain baik di tingkat nasional maupun internasional.
 
Hal itu disampaikan Bambang dalam sebuah video pada Konferensi Eisenhower Fellowship (EF) Day di Wellington, Selandia Baru. Video diambil hari ini, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Mantan Menteri Bappenas itu mengapresiasi panitia dan pengelola program Eisenhower Fellowship. Ia berharap program dan acara seperti ini dapat dilanjutkan dan diyakini dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM unggul Indonesia sekaligus menguatkan penguasaan riset, teknologi dan inovasi Indonesia.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif