Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: MI/Ramadani
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: MI/Ramadani

Sri Mulyani Minta Nadiem Efektifkan Anggaran Pendidikan

Pendidikan Anggaran Pendidikan
Eko Nordiansyah • 14 November 2019 17:20
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim untuk mengefektifkan anggaran belanja pendidikan. Menurutnya, sebagian besar belanja pendidikan merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik yang diberikan kepada pemerintah daerah.
 
"Kita akan lihat bagaimana inisiatif beliau (Nadiem) di dalam mengefektifkan belanja-belanja pendidikan yang sebagain besar adalah dalam bentuk DAK nonfisik untuk bantuan operasional sekolah," kata Sri Mulyani dalam Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020 di Gedung DJP, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
 
Sri Mulyani berharap, Nadiem bisa berkomunikasi dengan para kepala daerah untuk menggunakan dana pendidikan ini demi meningkatkan kualitas pendidikan. Menurut dia, pendidikan menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan lupa Indonesia maju hanya bisa terjadi kalau manusianya memiliki pendidikan, pengetahuan, skill dan juga karakter dan etos kerja yang baik. Maka semuanya fokusnya manusia yang harus menjadi baik," jelas dia.
 
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, pemberian DAK nonfisik kepada daerah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan yang sama bagi masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan anggaran ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.
 
"Karena kita memiliki menteri pendidikan dan menteri kesehatan yang baru dan menteri pendidikan sekarang adalah kombinasi antara mendikbud dan menteri pendidikan tinggi," ungkapnya.
 
Tahun depan, anggaran pendidikan disiapkan sebesar Rp505,8 triliun naik 2,7 persen dari tahun ini yang sebesar Rp 492,5 triliun. Sementara untuk kesehatan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp132,2 triliun atau naik hampir dua kali lipat dari realisasi anggaran kesehatan di 2015 sebesar Rp 69,3 triliun.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif