Rektor IPB, Arif Satria. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Rektor IPB, Arif Satria. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Rektor: 'Kampus Merdeka' Selaras dengan Program IPB

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Kampus Merdeka
Ilham Pratama Putra • 25 Januari 2020 15:15
Jakarta:Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria menyambut positif dilnucurkannya kebijakan "Kampus Merdeka" oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Terutama kebijakan kuliah di luar prodi dan luar kampus secara sukarela yang dinilai akan membuat mahasiswa lebih fleksibel dalam menuntut ilmu.
 
Bagi Arif, kebijakan ini selaras dengan rencana kurikulum baru IPB 2020 (K2020) yang akan berlaku Agustus 2020. IPB telah mempersiapkansmart systemuntuk mendukung kebijakan akademik baru tersebut.
 
Selain itu, kebijakan ini membuka ruang lebih besar kepada mahasiswa untuk bersentuhan dengan realitas. Contohnya seperti mengikuti program desa, magang, dan program lapangan, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu semua untuk mendorong penguatanskils complex problem solvingdan kolaborasi. Ini selaras dengan Kurikulum 2020 IPB yang juga hendak mendorong mahasiswa bersentuhan dengan realitas dan memilikiskill-skilltersebut," kata Arief di Jakarta, Sabtu,25 Januari 2020.
 
"Kebijakan ini mendorong semangat fleksibilitas mahasiswa dalam memilih mata kuliah di luar prodi dan di luar perguruan tinggi," kata Arif.
 
Menurutnya, pembelajaran ke depan akan bertumpu pada personalized yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan kebutuhan mahasiswa. Ke depan pula, mahasiswa akan memiliki kemerdekaan untuk menentukan masa depannya.
 
"Dengan kemerdekaan meramu mata kuliah yang benar-benar dibutuhkan," lanjutnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan baru bertajuk "Kampus Merdeka". Program ini merupakan kebijakan Nadiem di bidang Pendidikan tinggi yang merupakan lanjutan dari "Merdeka Belajar" yang pernah diluncurkan Desember 2019 lalu.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif