Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Komisi X dan Kemendikbudristek Sepakat Revisi 3 Undang-undang di 2022

Pendidikan Guru Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Dosen Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 10 November 2021 15:15
Jakarta: Komisi X DPR RI telah membuat kesepakatan dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait fokus kerja di tahun 2022.  Kedua belah pihak telah sepakat untuk merevisi tiga Undang-undang terkait bidang pendidikan di tahun depan. 
 
Komisi X bersama Kemendikbudristek berencana merevisi Undang-undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan UU Pendidikan Tinggi (Dikti).  "Kami sudah bersepakat untuk melakukan revisi terhadap UU Sisdiknas dan kami ada opsi juga termasuk di dalamnya UU terkait dengan pendidikan tinggi, juga menjadi bagian dari revisi itu," kata Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda dalam webinar Menciptakkan Insan Indonesia Unggul Setahun Implementasi MBKM, Rabu, 10 November 2021.
 
Di tahun 2022 itu pula, keduanya juga bersepakat untuk merevisi UU Guru dan Dosen. Pihaknya ingin melakukan relevansi terhadap semua aturan untuk kemajuan pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Termasuk UU Guru dan Dosen, karena kami anggap ini masih satu rumpun karena semangatnya kami ingin melakukan relevansi semua aturan, semua regulasi yang ada," tutup Huda.
 
Baca juga:  Peta Jalan Pendidikan Diharapkan Rampung 2022
 
Revisi tersebut menjadi bagian dari program transformasi pendidikan disepakati akan menjadi agenda utama yang akan dijalankan tahun depan.  "Jadi agenda kami di tahun 2022 akan fokus bagaimana menjalankan transformasi pendidikan," tutur Huda. 
 
Pihaknya ingin regulasi tranformasi pendidikan dapat berjalan lancar. Agar kemajuan dunia pendidikan Indonesia baik secara kebijakan, program hingga digitalisasi berjalan baik.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif