Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar.

Nadiem Mengaku 'Panas' Jika Dikritik Hal Ini

Pendidikan pendidikan Kebijakan pendidikan Program Pendidikan Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 21 Oktober 2021 14:45
Surabaya: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengaku selalu terbuka dan siap menerima kritik yang masuk. Namun, ada satu kritikan yang bikin kuping Nadiem 'panas'.
 
"Saya senang dikritik tapi ada satu kritikan yang bikin saya paling panas. Kalau ada orang yang bilang sistem pendidikan itu jangan dijadikan percobaan," ungkap Nadiem di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Rabu 21 Oktober 2021.
 
Nadiem mengaku sering marah jika mendengar kritikan tersebut. Menurut dia, kritik tersebut tak membangun dan memberikan solusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terus saya langsung ngamuk saya bilang. Jadi bagaimana kita mau anak-anak kita inovatif kalau universitasnya tidak inovatif. Kalau universitasnya tidak terus mencoba hal baru, maka perubahan jangan harap. Lulusan tidak inovatif dan kreatif itu yang saya paling enggak kuat," tambahnya.
 
Baca: Nadiem 'Sentil' Dekan dan Kepala Prodi yang Hambat Mahasiswa Ikut MBKM
 
Dia menyebut dari semua bidang yang ada di masyarakat, pendidikan mesti menjadi yang paling inovatif. Bahkan, kata dia, bidang pendidikan harus lebih inovatif dari industri.
 
"Pendidikan itu malah harus lebih inovatif dr industri. Di sinilah tempat kita bermain. Tempat kita mencoba hal-hal yang lebih gila lagi ya di kampus. Maka saya marah sekali," sebutnya.
 
Menurut Nadiem, orang yang melempar kritik seperti itu, adalah orang yang tidak mengerti esensi pendidikan. Nadiem juga menduga pihak tersebut tidak mengerti bagaimana caranya memberi bekal pada generasi berikutnya.
 
"Jadi tolong kita bahu membahu, mari kita rangkul yang belum mengerti, yang takut pada perubahan ini. Kita harus mengambil posisi yang jelas agar kampus-kampus kita bener-bener merdeka," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif