Penandatanganan MoU antara UGM dan STIP. Foto: Dok. UGM
Penandatanganan MoU antara UGM dan STIP. Foto: Dok. UGM

UGM Teken MoU Kerja Sama dengan STIP Jakarta

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi UGM
Citra Larasati • 24 September 2021 20:52
Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Kerja sama ini ditandai dengan Kamis Nota Kesepahaman (MoU) oleh Rektor UGM dan STIP Jakarta.
 
“Kami bersyukur atas adanya kerja sama ini. Mudah-mudahan kerja sama akan berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi kedua belah pihak serta untuk bangsa dan negara,” ucap Rektor UGM, Panut Mulyono, dalam keterangan tertulis, Jumat, 24 September 2021.
 
Panut mengungkapkan, pengembangan keilmuan serta sumber daya manusia di bidang kelautan menjadi hal yang penting bagi Indonesia yang memiliki wilayah laut yang luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan kondisi geografis serta sumber daya alam yang melimpah, kepemimpinan dapat menjadi negara maritim yang kuat dan disegani. Namun hal ini tidak bisa terjadi jika pembangunan masih lebih banyak tergantung di kawasan daratan.
 
“Pertanian lebih dominan dibandingkan dengan pencarian sumber daya di laut, sebaliknya dari sisi ukuran, pendapatan yang bisa digali untuk perekonomian lebih besar di laut,” kata Panut.
 
Baca juga:  Sosok Utarini, Peneliti UGM yang Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia
 
UGM, terangnya, berkomitmen untuk memberi kontribusi terhadap pembangunan nasional, termasuk pengembangan di bidang kelautan. Karena itu, kerja sama dengan STIP Jakarta menjadi salah satu langkah yang penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing, khususnya di bidang pelayaran dan kelautan.
 
“Pengembangan STIP sangat penting karena memang memiliki tugas untuk kemajuan,” ucapnya.
 
Ia berharap, kerja sama UGM dengan STIP Jakarta dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat dan produktif. Berbagai peluang kolaborasi terbuka lebar, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.
 
“Nanti dengan Sekolah Vokasi atau fakultas di UGM dapat melakukan pekerjaan penelitian bersama dan lainnya, bagaimana pengembangan sumber daya kelautan bisa lebih kita pertimbangkan. Tidak hanya anak-anak tunas bangsa menjadi pelayar hebat tetapi juga memiliki keahlian di bidang kelautan,” kata Rektor.
 
Ketua STIP Jakarta, Amiruddin menyampaikan apresiasi atas MoU antara kedua institusi. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung langkah STIP Jakarta dalam mendidik sivitas yang siap menerima tantangan global dan mengembangkan kapasitas.
 
“Dengan kerja sama ini kami berharap STIP dan UGM dapat saling bersinergi memberi manfaat yang berkelanjutan melalui pelaksanaan fungsi tridarma,” ucapnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif