Ilustrasi belajar. Medcom
Ilustrasi belajar. Medcom

Mengenal Rumus Molekul Unsur dan Senyawa, Perhitungan Dasar dalam Kimia

Medcom • 27 Juni 2022 20:17
Jakarta: Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang tak terlepas dari perhitungan. Untuk menguasai materi ini, salah satu hal dasar yang perlu dipahami adalah perhitungan kimia atau stoikiometri.
 
Dalam stoikiometri, terdapat rumus perhitungan konsep Mol, rumus empiris, dan rumus molekul. Artikel kali ini akan fokus membahas rumus molekul. Apa itu molekul unsur?


Pengertian Rumus Molekul

Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan perbandingan sebenarnya dari jumlah atom pembentuk molekul dan senyawa. Oleh sebab itu, rumus molekul bisa dikatakan mengacu pada susunan molekul zat.


Rumus Molekul

Rumus molekul dibedakan menjadi dua macam, yakni rumus unsur dan senyawa. Melansir laman Ruangguru, berikut masing-masing penjelasannya.

1. Rumus Molekul Unsur

Rumus molekul unsur adalah rumus yang menyatakan gabungan atom-atom yang unsurnya sama jenis, lalu membentuk sebuah molekul. Molekul unsur ini dibagi lagi menjadi dua macam berdasarkan jumlah atom yang bergabung.
 
Kedua jenis tersebut adalah molekul diatomik dan poliatomik. Molekul diatomik terbentuk dari dua atom yang unsurnya sama jenis, sedangkan molekul poliatomik terbentuk dari dua atom atau lebih yang unsurnya sama jenis, kemudian bergabung dan membentuk sebuah molekul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengetahui jumlah atom dalam molekul, digunakan angka indeks. Indeks ini dituliskan subskrip (di bawah), mengikuti atom yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa contoh rumus molekul diatomik:
 
Mengenal Rumus Molekul Unsur dan Senyawa, Perhitungan Dasar dalam Kimia
 
Adapun contoh rumus molekul poliatomik antara lain sebagai berikut:
 
Mengenal Rumus Molekul Unsur dan Senyawa, Perhitungan Dasar dalam Kimia

2. Rumus Molekul Senyawa

Rumus molekul senyawa tersusun dari dua atom atau lebih yang unsurnya berbeda jenis, kemudian membentuk molekul. Dalam rumus kimia senyawa, terdapat angka yang menunjukkan jumlah atom suatu unsur di setiap molekulnya.
 
Angka tersebut biasa disebut dengan istilah indeks. Indeks ditulis di belakang lambang unsur secara subcript (di bawah). 
 
Berikut adalah beberapa contoh rumus molekul senyawa:
 
Mengenal Rumus Molekul Unsur dan Senyawa, Perhitungan Dasar dalam Kimia


Cara Menghitung Rumus Molekul

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara menghitung rumus molekul ialah dengan menuliskan lambang kimia tiap unsur yang ada dalam molekul. Jumlah atom dituliskan di kanan lambang kimia unsur secara subscript atau di bawah.
 
Demikianlah sekilas pembahasan mengenai rumus molekul unsur dan senyawa. Tidak sulit, bukan? (Nurisma Rahmatika)
 
Baca juga: Mengenal Zat Plasma, Wujud Zat yang Keempat Selain Padat, Cair, dan Gas

Cek Berita terbaru dan Artikel menarik lainnya di Google News
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif