Konferensi Pers Pengumuman SBMPTN 2022. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Konferensi Pers Pengumuman SBMPTN 2022. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

LTMPT Pastikan Penyebar Soal UTBK-SBMPTN 2022 Didiskualifikasi

Ilham Pratama Putra • 23 Juni 2022 14:20
Jakarta: Jelang pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) 2022, media sosial dihebohkan dengan tersebarnya foto soal UTBK yang dibagikan lewat Google Drive. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) telah menelusuri oknum peserta yang menyebarkan soal-soal tersebut.
 
Direktur Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo menyebut pihaknya telah mengantongi sejumlah nama oknum peserta tersebut. Ia memastikan oknum peserta tersebut didiskualifikasi dari UTBK-SBMPTN 2022.
 
"Ada sekian orang bisa melakukan itu (memfoto), tapi kecil dan itu sudah kita diskualifikasi," kata Budi dalam konferensi pers di gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya, itu peserta tersebut nantinya tak akan memperoleh nilai UTBK-nya. "Nanti nilai saja tidak keluar kemudian dia akan tanya ke LTMPT, nanti kita jelaskan," tambah Budi.
 
Menurut Budi, penyebar foto soal itu hanya mencari sensasi di media sosial. Sebab, jika dimaksudkan untuk membocorkan soal maka upaya itu tidak berhasil.
 
"Ini banyak orang-orang mencari follower. Namanya UTBK itu ada 28 sesi soalnya itu setiap sesi beda. Jadi tidak ada istilah bocor. kalau bocor, besok tes, saya sebelum tes sudah dapat soal," pungkasnya.
 
Baca juga:  Soal UTBK-SBMPTN 2022 Diduga Bocor, LTMPT: Tidak Ada Kebocoran Soal!
 

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif