NEWSTICKER
Rektor UGM, Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Rektor UGM, Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Virus Korona

UGM, Kuliah Hingga Bimbingan Skripsi Lewat Online

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 15 Maret 2020 22:36
Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) menetapkan status siaga satu di lingkungan sivitas akademikanya. Untuk itu Rektor UGM, Panut Mulyono memberlakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring atau kuliah online.
 
Panut menjelaskan beberapa langkah yang dilakukan ketika menerapkan KBM daring. Kuliah online sendiri, bakal dimulai Senin 16 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.
 
"Dosen Menyiapkan konten pembelajaran dari berbagai sumber melalui Sistem Manajemen Pembelajaran yang dikembangkan melalui https://elok.ugm.ac.id atau sistem lain yang sudah biasa digunakan oleh dosen dan mahasiswa," kata Panut dalam keterangan tertulisnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut dosen juga bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar berbasis konten dari rekaman video. Video tersebut nantinya diunggah ke YouTube.
 
"Nanti dikombinasikan dengan komunikasi melalui e-mail, grup sosial media, forum diskusi online, website dan bentuk lain yang sesuai dengan preferensi dosen," lanjut Panut.
 
Selain lewat sistem manajemen pembelajaran lewat https://elok.ugm.ac.id dan YouTube, Pihak UGM juga menyediakan fasilitas interaksi langsung secara daring. Layanan itu dapat diakses melalui Webex https://ugm-spark.webex.com.
 
"Dosen dapat memanfaatkan Webex atau menggunakan aplikasi interaksi daring lain yang menjadi preferensi oleh dosen dan mahasiswa, misal Skype, Google hangout, zoom meeting," ungkap dia.
 
Dia juga meminta dosen mendorong mahasiswa untuk penguatan KBM tersebut. Perkuliahan haruslah terstruktur yang dapat mendukung target Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).
 
Nantinya penilaian mahasiswa, dalam mata kuliah, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dapat dilakukan menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran yang dikembangkan melalui https://elok.ugm.ac.id. Atau sistem atau bentuk lain yang menjadi preferensi oleh dosen dan mahasiswa.
 
Selanjutnya, kegiatan pembimbingan, konsultasi dan ujian skripsi, tesis, disertasi dan sejenisnya juga dilakukan secara daring. Ataupun menggunakan sistem dan aplikasi yang telah disediakan.
 
"Namun untuk Kegiatan ujian dan pendadaran dengan peserta terbatas masih dapat dilakukan di dalam ruang ujian," ungkap dia.
 
Lebih lanjut, pelaksanaan wisuda juga bakal ditunda. "ljazah tetap diberikan kepada mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus dalam rapat yudisium. Tanggal ijazah akan disesuaikan dengan tanggal wisuda terdekat dari pelaksanaan yudisiumnya," pungkas Panut.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif