Penyerahan hadiah Lomba Cipta Lagu Bumi dan Lingkungan bertajuk “Jazz Song of Earth Festival”. Foto: Istimewa
Penyerahan hadiah Lomba Cipta Lagu Bumi dan Lingkungan bertajuk “Jazz Song of Earth Festival”. Foto: Istimewa

Trisakti Sukses Gelar Jazz Song of Earth Festival

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 23 Februari 2020 09:11
Jakarta: Universitas Trisakti Jakarta sukses menyelenggarakan ajang Lomba Cipta Lagu Bumi dan Lingkungan bertajuk “Jazz Song of Earth Festival”. Final Jazz Song of Earth Song Festival ini telah dilangsungkan di Auditorium Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE), Universitas Trisakti, Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020.
 
Selain didukung Lembaga Budaya Universitas Trisakti, Ikatan Alumni Geologi Trisakti, Himpunan Mahasiswa Tehnik Geologi FTKE-Usakti, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, acara ini juga didukung penuh oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
Dalam sambutan tertulis, Dirjen PPKL-KLHK, RM Karliansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung Trisakti untuk menggali kreativitas peningkatan kesadaran lingkungan dengan lomba lagu-lagu lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Momentum ini juga dinilai sangat tepat, karena bertepatan dengan peringatan musibah bencana longsoran TPA sampah Leuwigajah 21 Februari 2005. “Semoga lagu-lagu dan kreativitas kaum milenial yang lain ini dapat membuat lingkungan menjadi lebih baik ,” ujar Karliansyah.
 
Lomba cipta lagu bergenre jazz ini bertemakan lingkungan hidup yang penjuriannya dilakukan oleh Andre Hehanussa dan Candra Darusman berdasarkan penampilan peserta yang dikirimkan berupa video ke channel You tube GM_Channel.
 
Tim Juri menilai berdasarkan sejumlah kriteria, meliputi harmoni, yaitu keselarasan antara musik pengiring, notasi, dan lirik dengan kemampuan bercerita tentang tema ke dalam notasi lagu
 
Kemudian berdasarkan lirik, yakni bagaimana lagu mampu mengiaskan kekuatan alam Indonesia dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab selama ini. Lalu berdasarkan notasi yaitu kekuatan melodi lagu untuk memperkuat kedalaman lirik yang tercipta .
 
Penilaian juga berdasarkan notasi jazz yang dalam penjurian kali ini bobotnya disesuaikan dengan ekspresi dan musikalitas penciptanya. Terakhir, penilaian berdasarkan cara mempresentasikannya dalam You Tube. Sehingga viewers-nya semakin besar.
 
Setelah proses penjurian yang dilakukan oleh juri Candra Darusman dan Andre Hehanusa, diputuskan pemenang sebagai berikut
 
1. Lagu Favorit: Rumah Bersama, Ciptaan Agus Guntoro dan Arief Mooyoto, Penyanyi Grace Kathrine, Universitas Trisakti Jakarta
 
2. Penyanyi Favorit: Grace Kathrine, Universitas Trisakti Jakarta
 
3. Juara 1: Saatnya, Ciptaan Stevanie June Jonas, Penyanyi Stevanie June Jonas, Universitas Hasanuddin Makassar
 
3. Juara 2: Niscaya, Ciptaan Enci Madjid, Penyanyi Sherly Novita, Universitas Trisakti Jakarta
 
4. Juara 3: Bumi Kita, Ciptaan D’bijou group, Penyanyi Indah Puspitasari, Universitas Trisakti Jakarta

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif