Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

Kurikulum Darurat Covid-19 Bakal Diluncurkan Pekan Ini

Pendidikan Kurikulum Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 09 Juli 2020 18:12
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bakal meluncurkan kurikulum darurat khusus untuk masa covid-19. Kurikulum tersebut bakal diluncurkan dalam pekan ini.
 
"Terkait kurikulum masa covid-19 kemendikbud sedang menyiapkan. Dalam satu sampai dua hari ini akan diluncurkan Mendikbud (Nadiem Makarim)," kata Plt. Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Hamid Muhammad dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RPDU) Kemendikbud dengan Komisi X DPR RI, Kamis, 9 Juli 2020.
 
Setelah diluncurkan, kurikulum bakal langsung disosialisasikan. Sosialisasi dimulai satu pekan setelah peluncuran kurikulum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang jelas minggu depan akan kami edarkan ke satuan pendidikan, termasuk modul pembelajaran," tambah Hamid.
 
Modul ini dipercaya dapat membantu siswa dalam masa pembelajaran di tengah covid-19. Terlebih bagi siswa yang tidak memiliki akses internet dan gawai dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
 
Baca juga:Kemendikbud Siapkan Modul untuk Siswa Sulit Akses Internet
 
Sebelumnya, Kemendikbud mengaku tengah menggodok modul pembelajaran yang bakal dibagikan ke siswa tanpa akses internet selama PJJ. Modul ini diutamakan untuk siswa sekolah dasar dengan ekonomi rendah.
 
"Kami straterginya modul itu diberikan kepada yang paling rentan dulu, yaitu SD. Lalu SMP, lalu SMA. Jadi prioritasnya anak SD ini," kata Plt. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud, Totok Suprayitno dalam Konferensi Video, Senin, 6 Juni 2020.
 
Totok berharap modul pembelajaran ini bisa jadi solusi siswa yang tak bisa belajar mandiri selama pandemi. Materi pada modul tersebut, kata Totok, disusun sedemikian rupa agar siswa bisa belajar tanpa harus dipandu secara intensif.
 
"Prosesnya sedang dicicil. Harapannya minggu pertama tahun ajaran baru sudah ada," tambah dia.
 
Selain kepada siswa, modul juga disiapkan untuk para guru. Ratusan ribu guru yang menjadi target pelatihan ini nantinya bakal mendapatkan pelatihan digital agar lebih inovatif dalam mengajar.

 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif