Ilustrasi santri. Foto: Antara/Rahmad
Ilustrasi santri. Foto: Antara/Rahmad

Kemenag Koordinasi Lintas Kementerian Siapkan Kenormalan Baru Pesantren

Pendidikan pesantren Virus Korona Kenormalan Baru
Ilham Pratama Putra • 28 Mei 2020 12:27
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) tengah membangun berkoordinasi lintas kementerian untuk menyiapkan kenormalan baru (new normal) di lingkup pondok pesantren. Salah satunya, dengan Kementerian Keuangan.
 
"Dengan Kementerian Keuangan kami koordinasi untuk menyiapkan anggaran untuk memenuhi kebutuhan langkah new normal di pesantren," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Islam (Ditjen Pendis) Kemenag, Kamarudin, melalui siaran pers, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Kemenag juga berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk pengadaan tes kesehatan bagi santri dan ustaz yang akan kembali ke pesantren di setiap daerah. Sarana dan prasarana juga harus diperhatikan guna peningkatan kualitas kesehatan dan gizi santri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu (dengan) Kementrian Perhubungan, agar dapat memberikan fasilitas transportasi bagi santri dan ustaz yang akan kembali ke pondok pesantren," lanjutnya.
 
Baca: Santri Kembali ke Pesantren, Begini Protokol Kesehatannya
 
Kamarudin juga mengharapkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan radiogram kepada pemerintah tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk mendukung penerapan kenormalan baru di pondok pesantren. Koordinasi dilakukan agar pembelajaran yang akan dijalani santri tetap berjalan lancar dan semestinya.
 
Kemenag tengah berupaya menyusun metode baru untuk santri yang belum bisa kembali ke pondok pesantren. Sarana prasarana pendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) kembali dikaji agar lebih maksimal.
 
"Mempersiapkan sarana prasarana pesantren menghadapi kondisi new normal. Memberikan bantuan bagi pendidik dan tenaga kependidikan pondok pesantren," ungkap dia.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif