Konferensi pers Basoeki Abdullah Art Award #3. Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Konferensi pers Basoeki Abdullah Art Award #3. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Triennale Basuki Abdullah Art Award Usung Tema Remitologisasi

Pendidikan lukisan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 September 2019 20:40
Jakarta: Gelaran Basoeki Abdullah Art Award #3 digelar. Triennale atau acara seni kontemporer yang diadakan tiga tahun sekali ini mengusung tema Remitologisasi di 2019.
 
Tema yang diusung kali ini mengungkapkan ekspresi yang berasal dari karya-karya Basoeki Abdullah. Utamanya karya-karya yang bertema atau berseri mitologi.
 
Sejumlah lukisan seperti Djoko Tarub, Nyi Roro Kidul, Dewi Sri maupun berasal dari dunia pewayangan. Juri BAAA#3 Mikke Susanto mengungkapkan tema ini untuk mempertanyakan ulang atau rekonstruksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agar perupa muda mampu menerjemahkan mitos-mitos yang dikeluarkan Basoeki Abdullah. "Apakah mitos sekarang ditiadakan habis? atau sebenarnya berkelindan diantara kita cuma tidak sadar, atau mitos itu kini menjadi hoaks," ungkap Mikke dalam Konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 24 September 2019.
 
Dosen ISI Yogyakarta ini mengatakan, tema ini diusung untuk menantang perupa muda dalam memperlakukan mitos sebagai inspirasi baru, sebagai kajian. "Sesungguhnya yang mampu mengelola mitos adalah seniman. Seniman tidak ada di satu titik tertentu. Bisa di wilayah sains, agama, mitos yang hari ini muncul," terangnya.
 
Sementara itu Juri BAAA #3 Irawan Karseno mengungkapkan mitos ini penting untuk ditafsir ulang. Karena masih menjadi problematik sekarang ini.
 
"Kelindan problematik adu kuat nilai-nilai konservatif agama dengan mitos juga saya kira problem kontemporer yang menyeruak 10-20 tahun terakhir ini. Tentu anak-anak muda punya tafsir yang bebas dan sedang akan hal ini," ungkapnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif