Suasana UTBK di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Suasana UTBK di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Meningkat, Tingkat Kehadiran Peserta UTBK 2021 Mencapai 93,4%

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK Perguruan Tinggi SBMPTN 2021
Ilham Pratama Putra • 14 April 2021 19:36
Jakarta: Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo menyebut penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 belum menemui kendala berarti. Selama tiga hari ini, UTBK berjalan dengan lancar.
 
"Ini kan sudah Hari ketiga. Sampai sesi empat itu alhamdulilah kita lancar. Kalaupun ada satu atau dua tempat tes yang ditemui ada kendala listrik mati, tapi itu tidak menggagalkan, tidak menunda jalannya tes dan semua bisa selesai,” kata Budi saat meninjau pelaksanaan UTBK di Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu 14 April 2021.
 
Budi menyatakan situasi pandemi covid-19 tidak menyurutkan antusiasme peserta UTBK. Bahkan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, kata dia, tingkat kehadiran peserta UTBK-SBMPTN mengalami peningkatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tingkat kehadirannya pun tercatat lebih tinggi dari tahun lalu. Jadi rata-rata kehadiran itu 93,4 persen dalam empat sesi itu. Kalau tahun kemarin kan hanya sekitar 88 persen saja tingkat kehadirannya," terang Budi.
 
Baca: Khusus Jumat, Jadwal di Pusat UTBK se-Jawa Dimajukan
 
Sementara itu, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam, menuturkan bahwa penyelenggaraan UTBK tahun 2020 lalu menjadi pengalaman berharga. Hingga akhirnya UTBK 2021, sejauh ini dapat berjalan baik.
 
Nizam menyebut, penyelenggaraan UTBK 2020 memiliki tantangan yang lebih kompleks, mengingat ketika itu menjadi tahun pertama Indonesia menghadapi pandemi covid-19. Tapi, dari sanalah berbagai pihak belajar dan mengevaluasi sehingga UTBK 2021 dapat dijalankan lebih baik lagi.
 
"Tahun lalu penuh perdebatan. Alhamdullilah, kami dapat ditemukan solisinya penyelenggraan dapat berjalan. Berdasar penhalaman itu, bahwa Prokes yang ditetapkan panitia sukses. Klaster UTBK yang dikhawatirnkan pun tidak terjadi. Itu modal besar kita dalam penyelenggaraan tahun ini," ujar Nizam.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif