Kampus UIN Jakarta. Foto: Dok Humas UIN Jakarta.
Kampus UIN Jakarta. Foto: Dok Humas UIN Jakarta.

Siap-siap, Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Jakarta Dibuka 10 Mei

Pendidikan Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru PTKI
Arga sumantri • 06 Mei 2021 10:03
Jakarta: Pendaftaran calon mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2020/2021 melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri akan dibuka mulai 10 Mei 2021. Jalur ini dibuka untuk 56 program studi, baik keagamaan maupun umum yang ada di 12 fakultas.
 
Siaran pers UIN Jakarta menyebut masa pendaftaran dan pembayaran jalur SPMB Mandiri dibuka selama sekitar dua bulan hingga 16 Juli 2021. Pendaftarannya dilakukan secara online di laman spmb.uinjkt.ac.id dan baru dibuka sesuai jadwal tersebut.
 
Pendaftaran masuk UIN Jakarta melalui jalur SPMB Mandiri terbuka untuk semua lulusan SMA/MA/SMK/dan Pesantren. Namun, syarat tahun kelulusan ijazah berlaku mulai 2019, 2020, dan 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jalur SPMB Mandiri merupakan sistem seleksi yang diselenggarakan secara mandiri (lokal) oleh UIN Jakarta. Kuota penerimaan di jalur ini sebesar 30 persen dari 56 program studi yang ditawarkan untuk program pendidikan S1.
 
Baca: Berkat OSC, Batal Putus Kuliah Hingga Harapan Biayai Kuliah Adik
 
Jalur seleksi lainnya dibuka secara nasional melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) meliputi tes prestasi akademik untuk program studi umum. Lalu, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) meliputi tes tulis untuk program studi umum, SPAN PTKIN (tes prestasi akademik untuk program studi agama), dan UM PTKIN (tes tulis untuk program studi agama). 
 
Sementara, untuk sistem seleksi regional dibuka melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) Barat (tes tulis untuk program studi umum).
 
Tes jalur SPMB Mandiri akan digelar pada 22-26 Juli 2021 dengan menggunakan aplikasi online atau Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Kebijakan penggunaan model seleksi SSE dilakukan mengingat masih masa pandemi covid-19.
 
Tesnya dilakukan dari rumah masing-masing menggunakan perangkat elektronik. Tapi jika masanya sudah normal, tes SPMB Mandiri kemungkinan dilakukan secara tatap muka di kampus alias offline.
 
Sesuai jadwal disebutkan bahwa hasil seleksi akan diumumkan pada 5 Agustus 2021, pengisian uang kuliah tunggal (UKT) pada 5-9 Agustus 2021. Sedangkan, untuk pendaftaran ulang akan dilakukan pada 5-23 Agustrus 2021.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif