Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon. Foto: Antara/Shariva Alaidrus
Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon. Foto: Antara/Shariva Alaidrus

750 Kursi Mahasiswa Baru IAKN Ambon Siap Diperebutkan

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi
Antara • 10 Februari 2021 22:20
Ambon: Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon Provinsi Maluku menambah kuota penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang pendidikan Sarjana (S1) tahun ajaran 2021/2022. Penambahan mencapai 150 kursi dari tahun lalu.
 
"Karena tahun lalu jumlahnya mencapai 600-an orang, tahun ini targetnya kita naikkan menjadi 750 orang untuk S1," kata Pembantu Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAKN Ambon, Yance Z. Rumahuru di Ambon, Rabu, 10 Februari 2021.
 
Ia mengatakan penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru disesuaikan dengan jumlah kursi yang tersedia di 12 program studi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Keagamaan Kristen, Fakultas Sosial Keagamaan dan Fakultas Seni Keagamaaan Kristen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: UI Buka Prodi Baru Magister Teknik Lingkungan
 
Sebanyak 60 persen mahasiswa baru akan direkrut melalui sistem Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (SNPTKKN) berbasis daring via situs https://selnas.ptkkn@ac.id. Kemudian, 40 persen dari Ujian Mandiri Premium yang dilaksanakan sendiri oleh IAKN Ambon.
 
SNPTKKN dibuka pada 6 Februari 2021 hingga pekan ketiga Juli 2021 dilaksanakan dalam empat jalur, yakni seleksi portofolio yang diajukan oleh calon mahasiswa (20 persen), tes tertulis (20 persen), program akselerasi Kita Cinta Papua (10 persen) dan jalur undangan (10 persen).
 
Jalur undangan, SMA dan sederajatnya yang menyeleksi sendiri siswa berprestasi dan didaftarkan ke IAKN Ambon. Sistem ini baru pertama kali dilaksanakan tahun ini.
 
Berdasarkan total pendaftar calon mahasiswa pada tahun-tahun sebelumnya, program studi yang paling diminati adalah Pariwisata, Budaya dan Agama, disusul Teologi, Sastra Konseling, kemudian Musik Gereja dan Pendidikan Seni Musik.
 
"Sesuai dengan jatah tahun kemarin, kuota yang tersedia untuk beasiswa KIP-Kuliah bagi mahasiswa baru di IAKN Ambon tahun ini masih 275 orang," ucap Yance.
 
Baca: IAKN Bersiap Jadi Universitas Kristen Negeri Pertama di Indonesia
 
Ia menambahkan, karena memungkinkan untuk kuliah jarak jauh berbasis daring, tahun ini IAKN Ambon juga membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang pendidikan S2 dan S3 bagi pelamar dari berbagai wilayah di Indonesia.
 
Penerimaan mahasiswa baru S2 untuk Program Studi Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gerejawi ditargetkan minimal 100 orang. Sedangkan, program magister atau S3 Pendidikan Agama Kristen sebanyak lima hingga sepuluh orang.
 
"Untuk S3, karena sebelumnya cuma ada 9 orang, tahun ini kami menargetkan 5 sampai sepuluh orang untuk efektivitas satu kelas," ujar Yance.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif