Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.

Nadiem Luncurkan Buku Panduan KKN Tematik

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 28 Oktober 2020 10:19
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengarahkan kampus untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dalam program Kampus Merdeka. Kemendikbud pun menyediakan buku panduan khusus untuk KKN tematik tersebut.
 
"Praktik baik implementasi KKN tematik, tertuang dalam buku yang diluncurkan pada hari Sumpah Pemuda ini," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam webinar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 'Anak Muda Bawa Perubahan', Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Dia berharap, buku tersebut dapat menginspirasi generasi muda agar terus memberikan kontribusi konkrit kepada masyarakat. Nadiem menilai, program KKN mahasiswa sebagai wujud kepedulian mahasiswa atas permasalahan pembangunan, baik di desa dan kota. KKN menjadi alat penguatan empati di dunia perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KKN menguatkan empati kesetiaan kawanan sosial, sekaligus kemampuan untuk memahami dalam mmemberikan solusi permasalahan sosial," lanjut Nadiem.
 
Baca:Kemendikbud Segera Jadwalkan Sosialisasi Asesmen Nasional yang Lebih Masif
 
Kemendikbud menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melancarkan program KKN tematik. Kolaborasi ini, kata dia, telah melibatkan 5.600 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi di Tanah Air.
 
"Fokus utamanya adalah melakukan edukasi ke masyarakat untuk mengadaptasi kebiasaan baru. Sekaligus aktualisasi Merdeka Belajar," terang Nadiem.
 
Nadiem merasa kerelawanan mahasiswa dalam KKN tematik merupakan contoh generasi bangsa yang unggul. Mahasiswa menjadi motor perubahan bangsa untuk kemajuan Indonesia.
 
"Saya mengapresiasi inisiatf dan semangat perguruan tinggi yang melakukan pengabdian untuk membantu masyarakat, bangsa dan negara, dengan karya yang nyata tidak sekedar wacana. Selamat berjuang mengabdi untuk ibu pertiwi, mengabdi untuk negeri," ungkap Nadiem.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif