Ilustrasi. Foto: Antara/Okky Lukmansyah.
Ilustrasi. Foto: Antara/Okky Lukmansyah.

Survei WVI: 76% Guru Masih Khawatir Belajar Tatap Muka

Pendidikan Virus Korona sekolah
Ilham Pratama Putra • 22 Oktober 2020 15:59
Jakarta: Wahana Visi Indonesia (WVI) melakukan survei kepada para guru dan tenaga kependidikan terkait penyelenggaraan pembelajaran di tengah pandemi virus korona (covid-19). Hasilnya, 76 persen responden merasa khawatir untuk menggelar pembelajaran tatap muka karena menganggap sekolah kurang aman.
 
"Sisanya, 24 persen beropini akan aman dan kecil kemungkinan adanya penyebaran virus," Education Team Leader WVI, Mega Indrawati dalam konferensi virtual 'Suara Guru di Masa Pandemi Covid-19', Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Baca:Meski di Zona Hijau, Pelajar Disabilitas Disarankan Tetap PJJ

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 44 persen guru mengaku khawatir peserta didik tertular covid-19 akibat belajar tatap muka. 37 persen guru khawatir dirinya tertular virus, dan 29 persen khawatir proses belajar dan mengajar tidak nyaman.
 
"24 persen khawatir tidak bisa menjalankan pembelajaran tatap muka dengan efektif. Dan 23 persen lainnya khawatir orang tua atau penghuni rumah tertular covid-19," ucap Mega.
 
Jumlah responden survei ini yang dikumpulkan sebanyak 27.046 orang. Responden di ambil dari wilayah non 3T (terdepan, terluar, tertinggal) dan juga 3T. Besaran responden wilayah non 3T yakni 95 persen, sedangkan di wilayah 3T berjumlah 5 persen.
 
Responden berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Wilayah responden dengan tingkat risiko tinggi covid-19 sebesar 52 persen dan tingkat resiko rendah covid-19 ialah 48 persen.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif