Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Nadiem Tegaskan Pendidikan Psikologi Perlu Diperbarui

Ilham Pratama Putra • 04 Juli 2022 20:43
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan pendidikan psikologi peru diperbarui. Hal itu untuk menghadirkan psikolog andal di Indonesia.
 
"Dan untuk mewujudkan psikolog yang profesional dan bertanggung jawab kita perlu pembaharuan pendidikan psikologi yang terencana, terarah, dan berkesinambungan," kata Nadiem dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan pemerintah dikutip dari YouTube Komisi X DPR RI Channel, Senin, 4 Juli 2022.
 
Dia mengatakan perlu pengelolaan layanan psikologi yang memberikan perlindungan dan kepastian hukum pada kilen dan profesi psikologi. Hal ini kata dia ada dalam draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan dan Layanan Psikologi yang tengah digodok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan kami mendukung penuh finalisasi dan implementasi UU ini ke depannya agar semakin komprehensif," tutur dia.
 
Nadiem menyebut pendidikan psikologi juga mesti diselaraskan dengan dunia praktik psikologi. Penyelarasan untuk menghadirkan psikolog profesional di Indonesia.
 
"Dengan adanya keselarasan tersebut akan ada peran seimbang antara perguruan tinggi, penyelenggara pendidikan psikologi, organisasi profesi psikologi, dan pemerintah dalam membangun ekosistem yang baik ini," tutur dia.
 
Baca juga: Nadiem: RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Akan Bantu Generasi Muda Kembangkan Potensi

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif