Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan persiapan diri sejak jauh hari sebelum tes dimulai (Foto:Shutterstock)
Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan persiapan diri sejak jauh hari sebelum tes dimulai (Foto:Shutterstock)

Jelang Tes Beasiswa OSC, Belajar Sistem Kebut Semalam Sebaiknya Dihindari

Pendidikan beasiswa osc
Gervin Nathaniel Purba • 31 Oktober 2020 22:27
Jakarta: Belajar sistem kebut semalam menjadi kebiasaan bagi sebagian orang menjelang ujian. Supaya semua materi dapat dipelajari, mau tidak mau para pelajar harus begadang.
 
Meskipun dinilai ampuh bagi sebagian orang, cara belajar kilat seperti itu tidak dianjurkan. Sebaiknya lakukan persiapan diri sejak jauh hari sebelum ujian.
 
Menurut Owner & Founder Bimbel SMARRT Riky Riandie, pola belajar dalam satu malam tidak berjalan efektif. Cara tersebut hanya membuat pikiran menjadi jenuh dan fisik mudah lelah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika besoknya tes, sudah malas dan jadinya susah berpikir," kata Riky, dalam tanyangan Instagram Live OSC Medcom.id, beberapa waktu lalu.
 
Selain itu, para pelajar cenderung lebih tidak percaya diri ketika melakukan ujian, mudah gugup, dan merasakan tekanan yang lebih besar.
 
"Jadi seandainya gagal, tekanannya tidak sebesar pada H-1. Jangan juga begadang, karena besoknya malah mengantuk," kata lulusan terbaik UNPAR yang juga mendapatkan medali perunggu Olimpiade Sains Nasional Kimia.
 
Pesan ini disampaikan Riky kepada seluruh pelajar dan peserta OSC yang akan mengikuti tes seleksi. Tes tahap pertama beasiswa OSC akan dilaksanakan pada 7 November 2020.
 
Setiap peserta akan diberikan 50 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 120 menit. Peserta wajib mengerjakan dengan perangkat laptop atau komputer dan koneksi internet yang baik.
 
Mumpung masih ada waktu, peserta OSC diminta disiplin belajar sejak saat ini. Selain itu, diminta rajin melakukan review materi dan rajin melakukan latihan soal.
 
Latihan soal tidak hanya bisa dilakukan satu kali atau dua kali saja. Hal ini tentunya akan memberatkan potensi memenangkan beasiswa.
 
"Harus ada persiapan dan jangan lihat nanti saja (pasrah). Kalau tidak dilakukan persiapan, nanti malah tidak tahu mana yang harus dipelajari lebih dulu," ujarnya.
 
Bagi peserta OCS yang ingin mengasah kemampuan, Bimbel SMARRT masih memberikan kesempatan. Cara mendaftarnya pun mudah.
 
Dengan membuka akun YouTube Bimbel SMARRT, lalu klik joindi sini. Khusus pengguna iOS harus membuka YouTube melalui Safari atau Chrome agar bisa klik tombol join. Setelah join, akan tersedia pilihan paket tes persiapan OSC.
 
Sebagai informasi, Beasiswa OSC Medcom.id yang didukung Citilink Indonesia ini tersedia di 19 Perguruan Tinggi Swasta dari Jawa hingga Sulawesi. OSC Medcom.id menawarkan beasiswa bebas uang pangkal 100 persen dan uang kuliah hingga selesai bagi calon mahasiswa S1 maupun S2.
 
Untuk S2, OSC juga memberikan kesempatan beasiswa kepada para tenaga pengajar. Bagi sobat Medcom.id yang ingin mendaftar bisa melihat informasinya di laman https://osc.medcom.id/register.
 
(ROS)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif