Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam. Zoom
Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam. Zoom

Kemendikbud Gandeng Indosat Sediakan Internet Murah untuk Mahasiswa

Pendidikan Pendidikan Tinggi Pembelajaran Daring
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Agustus 2020 21:49
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan PT Indosat untuk menyediakan paket data internet murah bagi mahasiswa. Kerja sama ini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring di perguruan tinggi.
 
Dirjen Dikti Nizam mengapresiasi langkah dan kepedulian Indosat menyediakan kuota internet/paket data murah untuk mahasiswa. Langkah ini dinilai dapat membantu mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi virus korona.
 
"Apresiasi tinggi untuk upaya dan kepedulian Indosat dalam membantu meringankan beban mahasiswa dengan menyediakan layanan paket data/kuota internet yang murah dan ramah di kantong mahasiswa," kata Niza melalui siaran pers, Selasa, 4 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nizam mengatakan penyediaan paket internet ini penting guna mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Konektivitas merupakan urat nadi pembelajaran daring. "Pembelajaran dalam jaringan tidak akan mungkin terselenggara tanpa adanya koneksi internet," tutur Nizam.
 
Baca:8.248 Mahasiswa Universitas Jember Bebas UKT
 
Hasil survei Ditjen Dikti pada semester lalu, koneksi internat jadi hambatan utama pelaksanaan pembelajaran daring. Di dalamnya mencakup tiga aspek, yakni jangkauan layanan internet, stabilitas jaringan, dan biaya yang belum ramah kantong mahasiswa.
 
Penggunaan berbagai aplikasi pembelajaran daring secara berkelanjutan sangat menguras kuota data. Akibatnya, biaya untuk pembelian paket data akan cukup mahal dan membebani mahasiswa.
 
CBO PT Indosat Bayu Hanantasena mengungkapkan pihaknya tidak hanya menyediakan layanan internet dan paket data yang terjangkau. Tapi, juga membangun ekosistem pembelajaran daring yang efektif. Ia mengatakan, Indosat concern dalam percepatan digitalisasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan.
 
"Indosat mencoba menghadirkan solusi terbaik untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran daring di perguruan tinggi," jelas Bayu.
 
Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Berdasarkan laman resmi Dirjen Dikti, berikut beberapa paket data edukasi yang disediakan; paket data 10 GB (Rp40 ribu), 15 GB (Rp50 ribu), 20 GB (Rp60 ribu), 30 GB (Rp85 ribu), dan 50 GB (Rp100 ribu).
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif