Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Guru Penggerak Terbuka untuk Guru PNS dan NonPNS

Pendidikan guru Kebijakan pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Juli 2020 18:25
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, bahwa program Guru Penggerak ini terbuka bagi semua guru, baik PNS maupun nonPNS. Terpenting adalah, memiliki jiwa untuk membawa perubahan di luar sekolahnya.
 
“Membuka dan memberikan kesempatan yang adil bagi berbagai macam jenis status guru baik di swasta, honorer, PNS yang penting jiwa kepemimpinan mereka, hati mereka dan juga kompetensi mereka,” kata Nadiem saat Peluncuran Program Guru Penggerak, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Meski dibuka selebar mungkin, Nadiem tetap mengingatkan, bahwa proses seleksi untuk menjadi Guru Penggerak tidak akan mudah. Karena inputnya harus berkualitas, sehingga lulusannnya dapat sesuai harapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami buka sebesar mungkin, sehingga Kami mendapatkan kualitas yang terbaik,” tegasnya.
 
Baca juga:Rekrutmen Kepala Sekolah Diprioritaskan dari Jebolan Guru Penggerak
 
Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Iwan Syahril menegaskan ini tidak eksklusif untuk guru PNS. Ia pun mengajak guru-guru yang mempunyai kemauan untuk bergerak melakukan perubahan.
 
“Terpenting kemauan untuk bergerak, kemauan untuk bukan saja bagi kelasnya, sekolahnya, tapi untuk berdampak pada ekosistem pendidikan,” terangnya.
 
Hari ini Nadiem meluncurkan episode terbaru Merdeka Belajar, yakni program ‘Guru Penggerak’. Guru Penggerak digadang-gadang bakal menjadi ujung tombak tansfromasi pendidikan.
 
“Guru Penggerak agen yang di masa depan jadi calon-calon kepala sekolah, pengawas, pelatih-pelatih program pelatihan guru,” kata Nadiem.
 
Program Guru Penggerak bukan hanya untuk identifikasi dan rekrutmen, tapi juga pembinaan, pelatihan, dan membesarkan dampak dari Guru-guru Penggerak. Untuk kualifikasi Guru Penggerak ini, kata Nadiem, tidak cukup hanya sekadar guru yang baik.
 
Baca juga:Resmi Diluncurkan, Guru Penggerak Ujung Tombak Transformasi Pendidikan
 
Guru Penggerak harus mempunyai kapasitas untuk mendorong tumbuh kembang murid. Tidak hanya berkembang di kelas tapi tumbuh secara holistik. Selain itu juga memberdayakan guru dan sekolah di tempatnya mengajar.
 
“Membuat pengajaran, menjadi coach di sekolah dan di luar sekolah, menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan,” ujarnya.
 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif