Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Nadiem Bocorkan Bakal Ada Episode Terbaru 'Merdeka Belajar'

Pendidikan Kebijakan pendidikan Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 31 Januari 2020 15:07
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengaku telah menyiapkan episode terbaru dari program 'Merdeka Belajar'. Namun ia masih enggan menjelaskan, menurutnya yang saat ini penting adalah implementasi dua program sebelumnya, yakni 'Merdeka Belajar' dan 'Kampus Merdeka' bisa berjalan dengan baik.
 
"Episode 3 dan 4 dalam tahap lagi dimasak. Lebih penting jangan keluarin-keluarin episode (program). Tapi follow up episode 1 dan 2 (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka)," kata Nadiem dalam acara Indonesia Data and Economic Conference (IDE 2020), di Jakarta Pusat, Kamis, 30 Januari 2020.
 
Menurutnya, tindak lanjut itu menjadi pekerjaan rumah dari kedua kebijakan besarnya itu. "PR (pekerjaan rumah) episode 1 gede banget, episode 2 besar juga, kita harus bisa memastikan membantu unit-unit pendidikan," terangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan bos Gojek ini menyebut kebijakan ini akan membawa perubahan yang tidak nyaman. Karena akan memaksa sejumlah pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk keluar dari zona nyaman.
 
"Objektifnya adalah keluar dari comfort zone, tapi saya belum bisa bilang 3 dan 4 seperti apa karena harus melalui proses pematangan," kata lulusan Harvard University ini.
 
Lebih lanjut, Nadiem mengakui, memang ada resistensi atau penolakan terhadap kebijakannya ini. Namun menurutnya, itu justru merupakan sinyal positif bahwa apa yang ia kerjakan membawa perubahan.
 
"Kalau nggak ada resistensi itu artinya tidak cukup besar, tidak cukup berdampak, kalau saya melihat resistensi itu positif," tegasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif