Ilustrasi. Medcom.id/Farhan Dwitama
Ilustrasi. Medcom.id/Farhan Dwitama

Kriteria Usia dalam PPDB Dinilai Ancam Psikis Siswa

Pendidikan PPDB 2020
Ilham Pratama Putra • 23 Juni 2020 14:26
Jakarta: Pengamat Pendidikan, Andreas Tambah menyebut seleksi berdasarkan usia pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bakal menimbulkan masalah baru. Alih-alih menuntaskan masalah sosial dan ekonomi, kriteria usia dinilai akan merusak psikis siswa.
 
"Dari segi psikologis dan sosial anak usia terpaut berbeda itu akan menimbulkan perilaku berbeda pula dalam kelas," kata Andreas kepada Medcom.id, Selasa, 23 Juni 2020.
 
Andreas mencontohkan, anak berusia 12 tahun yang notabene sudah beranjak remaja, baru masuk SD dan harus berteman dengan anak berusia enam tahun. Menurut dia, ini akan menimbulkan berbagai konflik dan guru bakal kesulitan memberikan pelayanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat yang 12 tahun mulai nyanyi lagu cinta, dan usia enam tahun baru nyanyi balonku, guru harus memberikan pendidikan seperti apa?," ujar anggota Komisi Pendidikan itu.
 
Dia pun menolak penggunaan kriteria usia dalam PPDB. Siswa dalam satu kelas tidak boleh memiliki jarak umur yang timpang.
 
"Wajar ketika orang tua khawatir. Kita kesampingkan dulu permasalahan daya tampung, bias ekonomi. Karena gap ini lebih esensial," ujarnya.
 
Baca:Orang Tua Demo Tolak PPDB DKI Gunakan Kriteria Usia
 
Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memberlakukan seleksi berdasarkan kriteria usia dalam PPDB 2020. Kebijakan ini diyakini dapat menghindari bias ekonomi dan sosial calon peserta didik, sehingga dinilai lebih berkeadilan.
 
"Bila diterima berdasarkan zonasi dan tanggal lahir maka siswa dari keluarga mampu (kaya) dan tidak mampu (miskin) punya kesempatan yang sama untuk dapat sekolah,” dikutip dari salah satu unggahan di akun Instagram @disdikdki, Minggu 21 Juni 2020.
 
Disdik DKI menambahkan, jika hanya dilihat dari faktor nilai, maka PPDB akan bias. Makanya, usia diangap bisa menjadi salah satu syarat yang akhirnya menjadi pertimbangan pada PPDB tahun ini.
 
Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dinia (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad, aturan tersebut sah saja diterapkan dalam PPDB. Lagipula, kata dia, regulasi itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 tahun 2019 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.
 
"Itu kan sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Dan itu (kriteria usia) sudah ada sejak tahun 2017 yang lalu," ujar Hamid kepada Medcom.id, Senin, 22 juni 2020.
 

(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif