Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pandemi Momentum Kebangkitan Industri Alat Kesehatan Indonesia

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Mei 2020 19:34
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pandemi virus korona (covid-19) bisa menjadi momen kelahiran industri alat kesehatan. Selama ini, kata dia, alat kesehatan masih didominasi barang impor.
 
"Di tengah suasana kepepet ini inovasi jadi keluar kita bisa melihat kelahiran kembali industri alat kesehatan indonesia yang mati suri," kata Bambang dalam Webinar Nasional Universitas Andalas bertajuk ‘Riset, Inovasi, Aplikasi untuk Menanggulangi Wabah dan Dampak Covid-19’, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Bambang mengatakan, salah satu alat kesehatan yang masih ketergantungan dari luar negeri ialah ventilator. Situasi ini, kata dia, dipicu tak adanya permintaan, sehingga industri maupun perguruan tinggi tak tertarik memproduksi ventilator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa dari dulu tidak bergerak, karena tidak ada demand . Misalnya ventilator, karena dulu tinggal beli tinggal impor, kita ventilator 100 persen impor," terangnya.
 
Baca:ITB Ciptakan APD yang Bisa Dipakai Ulang
 
Bambang menuturkan pandemi ini menjadi kesempatan untuk membangkitkan kembali industri alat kesehatan. Terlebih, saat ini sudah banyak inovasi alat kesehatan yang sudah siap diproduksi massal, yang juga sudah bekerjasama dengan industri.
 
"Ini momentum awal membangun ekosistem industri alat kami dorong BUMN menjadi industri yang mengembangkan alkes. Universitas, lembaga penelitian, untuk pengembangan alat kesehatan," ujarnya.
 
Menurut dia, sudah ada beberapa hasil inovasi perguruan tinggi yang saling berkolaborasi, begitu juga dengan lembaga penelitian yang sudah mulai digunakan di Rumah Sakit untuk penanganan covid-19. Mulai dari alat kesehatan, ventilator, alat pelindung diri, robot, sampai dengan suplemen untuk daya tahan tubuh.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif