Seorang bapak membelikan seragam sekolah untuk anaknya, ANT/Basri Marzuki.
Seorang bapak membelikan seragam sekolah untuk anaknya, ANT/Basri Marzuki.

Pedagang Seragam Sekolah Mulai Siapkan Stok

25 Juni 2018 19:42
Solo:   Sejumlah pedagang seragam sekolah di Kota Solo, Jawa Tengah, mulai menyiapkan stok searagam sekolah, karena sudah mendekati hari masuk sekolah tahun ajaran baru 2018/2019.
 
"Untuk stok sudah disiapkan sejak sekitar tiga bulan sebelumnya. Penambahan stok bisa mencapai 100 persen dari sebelumnya," kata salah satu penjaga toko seragam sekolah Barata V Daihasti Cahya Ayu di Solo, Senin, 25 Juni 2018.
 
Menurut dia, stok telah disiapkan sejak lama, mengingat produksi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.  Mengenai permintaan, kata Ayu, saat ini mulai meningkat jika dibandingkan dengan hari normal. "Biasanya pada hari normal kalau dalam satu hari yang membeli seragam hanya beberapa, sedangkan saat ini permintaan naik hingga berlipat-lipat. Sampai puluhan permintaan," katanya seperti dikutip dari Antara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, permintaan paling tinggi biasanya terjadi di awal bulan Juli, di mana pada saat itu tinggal beberapa hari lagi masuk sekolah.  Ia mengatakan kebanyakan barang yang dicari adalah seragam OSIS, pramuka hingga Korpri.
 
Untuk harga seragam atasan berkisar Rp 40.000-60.000, tergantung pada ukuran baju. Sedangkan untuk seragam bawahan dijual mulai dari Rp 40.000-54.000.
 
Sementara itu, Tatik Mulyono dari toko seragam Mardi Rahayu mengatakan, saat ini permintaan belum mengalami peningkatan. Meski demikian, ia juga sudah menyiapkan stok seragam sekolah.
 
"Stoknya naik 25 % dibandingkan tahun lalu. Ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekurangan, soalnya tahun lalu kami sempat kehabisan item tertentu," kata Tatik.
 
Sama dengan Barata V, Mardi Rahayu juga memproduksi seragam sekolah sendiri dan sudah menyiapkan sejak dua bulan lalu. "Kami melibatkan empat tukang jahit sehingga produksi bisa lebih cepat karena kami biasanya melayani dalam partai besar," tutupnya.
 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif