Para panelis dari UMI dalam tes wawancara beasiswa OSC Medcom.id. Foto: Dok. UMI
Para panelis dari UMI dalam tes wawancara beasiswa OSC Medcom.id. Foto: Dok. UMI

Beasiswa OSC 2020, Persaingan Masuk UMI Berlangsung Ketat

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 14 Desember 2020 17:24
Jakarta: Seleksi Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2020 memasuki tahapan akhir, setelah melewati final test pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemarin. Persaingan di seluruh perguruan tinggi berlangsung ketat, termasuk di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.
 
Bahkan di kampus yang mendapat penghargaan dari Kemendikbud sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se-Sulawesi 2020 ini, rasio peluang kelulusan antara kuota beasiswa dan jumlah pendaftarnya mencapai 1:65.
 
"Jumlah awal peserta yang mendaftar 1.311 peserta dan yang diterima hanya 20 orang, jumlah yang diterima hanyalah 1,53 persen dari total jumlah peserta,” kata Wakil Rektor 1 UMI, Hanafi Ashad dalam keterangannya, Senin, 14 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanafi menyebut, sebelum menjalani final test pada Sabtu 12 Desember 2020 lalu pihaknya juga telah menyaring peserta secara ketat. Sehingga pada final test itu hanya diikuti 69 orang.
 
"Namun peserta yang dinyatakan lolos dari tahap awal ke tahapan akhir (final test) hanya berjumlah 69 orang yang lulus," jelas dia.
 
Baca juga:  UMI PTS Terbaik di Sulawesi Tahun 2020
 
Pada final test sendiri UMI melakukan tes wawancara secara daring. Peserta dibagi ke dalam break out room dan akan bertemu dengan tim penguji yang di dalamnya tergabung para Wakil Rektor dan sederet dekan.
 
Pihaknya mengatakan, calon penerima beasiswa OSC di UMI berasal dari 17 provinsi di Indonesia. Delapan dari wilayah barat Indonesia, sisanya yakni sembilan wilayah berada di wilayah timur Indonesia.
 
"Mereka berasal hampir dari seluruh pulau di Indonesia," tegas Hanafi.
 
Sementara, Rektor UMI Basri Modding mengungkapkan, peserta yang bisa sampai ke tahapan tes wawancara patut bersyukur. Karena berhasil unggul dari ribuan peserta.
 
“Kita targetkan penerima beasiswa ini benar-benar merupakan mahasiswa  unggul yang mampu mendorong meningkatnya nama UMI ke depan dan memberikan kontribusi positif,” pungkas Basri.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif