Komisioner bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti. Foto: Zoom
Komisioner bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti. Foto: Zoom

KPAI: 86 Persen Sekolah Belum Siap Dibuka Januari 2021

Pendidikan Virus Korona sekolah Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 30 November 2020 13:06
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan survei terkait kesiapan sekolah untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hasilnya sebanyak 86 persen sekolah belum siap untuk kembali menggelar PTM.
 
"Dari 49 sekolah, yang punya kesiapan PTM itu hanya ada 16,32 persen. Sementara 83,68 persen belum siap," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam Rakornas Pembukaan Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 KPAI yang digelar secara virtual, Senin, 30 November 2020.
 
Beberapa hal yang diperhatikan oleh KPAI ialah ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi kebersihan hingga ketaatan protokol kesehatan. Untuk ketersediaan wastafel lengkap dengan air mengalir dan sabun saja, kata Retno, tingkat kesiapannya hanya berada di angka 14,28 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi enggak semua sekolah memiliki kesiapan ini," terang Retno.
 
Selain Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan, sekolah juga diminta untuk mampu memberikan contoh adaptasi kebiasaan baru. Dari sekolah yang dia temui, masih banyak guru yang belum mampu memberi contoh baik dalam menjalankan kenormalan baru di sekolah.
 
"Misalnya saja Saya terkejut melihat guru meletakkan masker di dagu. Disaat bapak ibu guru tidak memberikan contoh, muridnya nanti juga melakukan hal yang sama," sambung dia.
 
Untuk mendukung kesiapan sekolah dalam menggelar PTM pada Januari 2021 itu, Retno juga meminta pemerintah membuat rencana politik anggaran. Agar sekolah dapat memenuhi infrastruktur PTM.
 
Baca juga:  Kepala Sekolah dan Guru Satu Tim Sebagai Agen Perubahan
 
"Kalau tidak didukung pemerintah, anak-anak kita rasnya tidak aman juga di sekolah. Berikutnya pemerintah juga harus memetakan mana sekolah yang siap dan belum siap. Yang sudah siap ya memang dipersiapkan betul disurvei betul, dipastikan, dilatih gurunya," tegas Retno.
 
Survei KPAI tersebut dilakukan dengan mengambil sample di 49 sekolah yang tersebar di 21 kabupaten atau kota di delapan provinsi. Pihaknya melakukan survei dari bulan Juni hingga November 2020.
 
Sebanyak 49 Sekolah disebut mewakili seluruh provinsi di pulau Jawa. Termasuk juga beberapa di antaranya merupakan sekolah di Bengkulu dan Nusa Tenggara Barat.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif