Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi

Rayakan Hardiknas, Ini Kumpulan Ucapan dan Puisi Bertema Pendidikan

Pendidikan pendidikan hari pendidikan nasional puisi Hardiknas 2022
Renatha Swasty • 03 Mei 2022 18:38
Jakarta: Setiap 2 Mei, Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Ini adalah hari spesial lantaran semua pihak punya tujuan sama dalam mencerdaskan bangsa.
 
Untuk yang masih sekolah, Hardiknas biasa dirayakan dengan upacara bendera. Tahun ini, Hardiknas jatuh bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1433 H.
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memutuskan peringatan Hardiknas 2022 akan dilangsungkan pada 13 Mei 2022. Berikut sejumlah ucapan dan puisi bertema pendidikan yang bisa membuat semakin semangat dan mencintai pendidikan dikutip dari Zenius:

Berikut ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional

  1. Kamu bisa mengubah dunia dengan pendidikan, karena pendidikan senjata yang mematikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022
  2. Kemerdekaan sejati jika seluruh rakyat bisa diraih dengan pendidikan. Derajat suatu bangsa ditentukan kekuatan rakyat yang berpendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022
  3. Jangan pernah lelah belajar. Karena belajar yang sesungguhnya adalah dalam kehidupan sehari-hari. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022
  4. Belajar tidak mengenal umur. Kejar apa yang ingin kamu pelajari hingga sukses. Pendidikan tidak melulu soal buku pelajaran, tapi juga arti kehidupan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022
  5. Apalah arti pendidikan tanpa kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Tanpa moral yang baik, gelar doktor sekalipun tidak akan berarti. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022! Semoga ilmu yang kita tekuni dapat menuntun menuju kemuliaan
  6. Pandemi belum usai. Tetapi semangat kita belajar tak pernah berhenti. Tetap Semangat dan selalu jaga kesehatan, Kawan. Selamat Hari Pendidikan Nasional
  7. Terima kasih kepada para guruku. Terima kasih kepada orang tuaku. Dari merekalah aku mendapatkan pengalaman, ilmu, dan pengetahuan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022
  8. Ilmu tanpa diamalkan sama dengan omong kosong, beramal tanpa ilmu sama dengan menyesatkan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022
  9. Siapa yang ingin merasakan kemakmuran di masa tua? Tanamkan semangat belajar hingga sukses. Belajar itu penting karena dengan itu kita bisa mencapai apa yang kita impikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional
  10. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022. Mari wujudkan Merdeka Belajar dengan terus bergerak dalam kreativitas dan inovasi.

Contoh Puisi untuk Hari Pendidikan Nasional

Ada beberapa puisi untuk peringatan Hari Pendidikan Nasional. Puisi ini bisa dipakai saat perlombaan:

1. “Guruku” Karya Mustofa Bisri

Ketika aku kecil dan menjadi muridnya
Dialah di mataku orang terbesar dan terpintar
Ketika aku besar dan menjadi pintar
Kulihat dia begitu kecil dan lugu
Aku menghargainya dulu
Karena tak tahu harga guru
Ataukah kini aku tak tahu
Menghargai guru?

2. “Guru” Karya Kahlil Gibran

Barang siapa mau menjadi guru
Biarlah dia memulai mengajar dirinya sendiri
Sebelum mengajar orang lain
Dan biarkan pula dia mengajar dengan teladan
Sebelum mengajar dengan kata-kata

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab, mereka yang mengajar dirinya sendiri
Dengan membenarkan perbuatan-perbuatan sendiri
Lebih berhak atas penghormatan dan kemuliaan
Daripada mereka yang hanya mengajar orang lain
Dan membenarkan perbuatan-perbuatan orang lain

3. “Bintang” Karya Chairil Anwar

Aku mencintai kelasmu
Kamu membantuku ‘tuk melihat
 
Bahwa untuk hidup bahagia
Belajar adalah kuncinya
 
Kamu memahami muridmu
Kamu perhatian dan pandai
 
Kamu guru terbaik yang pernah ada
Aku tahu itu dari awal kita bertemu
 
Aku memperhatikan kata-katamu
Kata-kata dari seorang guru sejati
Kamu lebih dari teladan terbaik
Sebagai guru, kamu adalah bintang

4. “Nasehat-Nasehat Kecil Orang Tua” Karya Taufiq Ismail

Pada Anaknya Berangkat Dewasa
Jika adalah yang harus kaulakukan
Ialah menyampaikan kebenaran
Jika adalah yang tidak bisa dijual-belikan
 
Ialah ang bernama keyakinan
Jika adalah yang harus kau tumbangkan
Ialah segala pohon-pohon kezaliman
Jika adalah orang yang harus kauagungkan
 
Ialah hanya Rasul Tuhan
Jika adalah kesempatan memilih mati
Ialah syahid di jalan Ilahi.
Puisi 5 Berjudul “Dengan Puisi, Aku” Karya Taufiq Ismail
 
Dengan puisi akun bernyanyi…
Sampai senja umurku nanti..
Dengan puisi aku bercinta…
Berbaur cakrawala…
 
Dengan puisi aku mengenang…
Keabadian Yang Akan Datang…
Dengan puisi aku menangis…
Jarum waktu bila kejam mengiris..
 
Dengan puisi aku mengutuk…
Napas jaman yang busuk…
Dengan puisi aku berdoa…
Perkenankanlah kiranya…

Contoh naskah pidato Hari Pendidikan Nasional

Naskah pidato Hari Pendidikan Nasional ini dibuat oleh Antonius Putu Satria dengan harapan bisa dijadikan referensi ketika Sobat Medcom berpidato di momen Hari Pendidikan Nasional.
 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat siang, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan.
 
Yang terhormat teman-teman sekolah Saya dari SD, SMP, SMA, sampai Kuliah,
 
Sebelum kita memulai kegiatan ini, mari kita sama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena kasih-Nya kita masih diberikan kesempatan untuk bersama-sama memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2022 ini.
 
Pada hari ini, kita semua berkesempatan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional bersama-sama, walaupun hanya melalui daring dikarenakan kondisi pandemi yang sudah setahun belakangan ini kita jalani dengan penuh rasa prihatin yang mendalam.
 
Hari Pendidikan yang jatuh pada 2 Mei 2022 kali ini memang kita patut syukuri oleh karena perjuangan pahlawan kita, Ki Hadjar Dewantara yang menjadi polopor pendidikan nasional, kita bisa merasakan bagaimana pendidikan bisa mengubah seseorang menjadi lebih baik di setiap waktu yang kita jalani.
 
Menurut Saya, pendidikan adalah jembatan yang bisa memberikan jalan dalam menggapai cita-cita dan impian. Yang mana, cita-cita dan impian adalah suatu hak yang dimiliki oleh setiap insan manusia. Pendidikan bisa merubah, bahkan membentuk manusia menjadi cerdas. Tidak hanya itu, pendidikan juga bisa membentuk karakter dan moral dari manusia. Ya. Kita sendiri.
 
Pendidikan punya arti yang penting dalam kehidupan suatu bangsa dan negara, termasuk kita, Indonesia. Saya percaya bahwa generasi yang terdidik dengan baik, dapat membawa bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju.
 
Kita sebagai pelajar yang terus mendapatkan pendidikan, baik itu formal ataupun informal, kita harus terus tetap belajar dalam hal apapun. Sesungguhnya, jika kita belajar hal yang kita temui di dalam kehidupan sehari hari, maka kita akan bisa mengerti bagaimana kita terbentuk dari pendidikan itu sendiri.
 
Sebagai murid, ataupun sebagai orang tua, hendaknya kita harus terus mendukung semangat belajar orang-orang yang ada disekitar kita. Jika orang tua, kita harus memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak kita. Jika kita sebagai murid, kita harus bisa belajar lebih baik dan terus berkembang dari waktu ke waktu.
 
Pada akhirnya, tujuan pendidikan adalah membentuk berbagai macam pola pikir yang baik. Kebaikan adalah ujung dari pendidikan itu sendiri.
 
Demikian pidato yang Saya sampaikan dari dalam hati Saya yang mendalam. Besar harapan Saya bahwa kita semua harus menyadari bahwa pendidikan sangat penting untuk kita, bangsa, dan negara kita, Indonesia.

 
Itulah ucapan, puisi, hingga pidato yang bisa digunakan untuk Hari Pendidikan Nasional. 
 
Baca: Hardiknas Mesti Jadi Pengingat untuk Selalu Memberikan Kemerdekaan pada Anak Didik
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif