Ilustrasi undang-undang. Medcom.id
Ilustrasi undang-undang. Medcom.id

Uji Publik RUU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen Hingga UU Dikti Bakal Dihapus

Ilham Pratama Putra • 15 Februari 2022 10:36
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah melakukan uji publik Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas). RUU Sisdiknas ini akan menghapus tiga undang-undang sekaligus dan mengintegrasikannya menjadi satu UU.
 
Ketiga UU itu, yakni UU Guru dan Dosen, UU Pendidikan Tinggi, serta UU Sistem Pendidikan Nasional.  Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo atau Nino menjawab beredarnya kabar di tengah masyarakat yang menyebut bahwa UU ini akan diintegrasikan layaknya Omnibus Law.
 
"Terminologi Omnibus Law itu saya enggak yakin tepat diterapkan di sini. Kalau Omnibus itu yang dibayangkan masyarakat puluhan UU dijadikan satu, ini cuma tiga yang benar-benar tentang Sisdiknas kita integrasikan," ujar Nino kepada Medcom.id, Selasa, 15 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nino menyebut ketiga UU itu nantinya akan dihapus dan dijadikan satu. Sebab, banyaknya UU yang mengatur urusan pendidikan nasional selama ini malah membuat sistem pendidikan dan aturan tentang berbagai jenjang pendidikan di Indonesia menjadi jomplang.
 
"UU Dikti misalnya diatur dengan sangat rinci, tapi jenjang lainnya tidak serinci itu. Nah, ini pengaturannya akan kita buat selaras dan satu level," sebut Nino.
 
Integrasi juga berguna untuk memastikan tiga UU yang ada saat ini tidak saling bertentangan. Utamanya dalam pelaksanaannya di lapangan.
 
"Memastikan tidak ada yang bertentangan dalam implementasi maupun pelaksanaannya. Kalau diatur dengan UU yang berbeda selalu ada potensi yang tidak selaras," tutur dia.
 
Nino mengatakan, RUU Sisdiknas akan otomatis menghapus UU Guru dan Dosen serta UU Dikti, dan digantikan dengan UU Sisdiknas. "Rencananya begitu (dihapus)," ujar dia.
 
Baca: P2G Minta Uji Publik RUU Sisdiknas Tidak Sekadar Basa-basi
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif