Jadwal Belajar di Rumah TVRI.  Foto: Dok. Kemendikbud
Jadwal Belajar di Rumah TVRI. Foto: Dok. Kemendikbud

'Belajar di Rumah' via TVRI Alternatif untuk Daerah Minim Internet

Pendidikan Virus Korona Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 14 April 2020 19:21
Jakarta: Salah satu orang tua siswa di SD Muhammadiyah Sungailiat, Bangka Belitung, Ira Fitriyanti mengaku terbantu dengan tayangan acara "Belajar dari Rumah" yang disiarkan di stasiun TVRI. Siaran pembelajaran di TVRI ini sangat membantu sebagai alternatif belajar daring di daerah-daerah yang mengalami kesulitan sinyal internet.
 
"Misal kemarin ada matematika pecahan, kebetulan dia sedang belajar itu juga, jadi bisa belajar langsung dari TV," kata Ira kepada Medcom.id, Selasa, 14 April 2020.
 
Ira mengaku, sangat terbantu dengan kehadiran ruang kelas melalui media televisi itu di rumahnya. Terlebih sebagai ibu yang bekerja, hingga hari ini ia tetap harus bekerja setiap harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ira sendiri menyebut Program "Belajar dari Rumah" merupakan arahan dari walikelas anaknya di sekolah. "Jadi bentuknya imbauan dari guru sekolah. Nanti anak bisa bikin tulisan ringkas tentang apa yang dia dapat. Saya juga sepulang kerja suka menanyakan hari ini belajar apa," lanjut Ira.
 
Bagi Ira, layanan dari TVRI ini juga baik untuk mengantisipasi kesulitan sinyal internet di wilayah rumahnya. Anak pun bisa lebih senang dalam proses belajar.
 
Baca juga:Kemendikbud Gandeng TVRI Sebagai Media Belajar Daring
 
Lebih lanjut, Ira menyerahkan pengawasan anaknya yang duduk di bangku kelas 2 SD itu kepada sang kakak. "Kakaknya yang bantu kalau di rumah dan mengawasi. Kakaknya juga kuliah daring di rumah," tambahnya.
 
Terkait tugas, Ira tak banyak berkomentar. Menurutnya sejauh ini anaknya itu tak mengalami banyak kendala maupun stres dalam mengerjakan tugas.
 
"Ya kalau tugas relatif sedikit ya. Paling satu hari tugasnya cuma satu. Mungkin karena disesuain sama jenjang kelas juga," jelasnya.
 
Sebelumnya, Kemendikbud menggandeng TVRI untuk membuat siaran pembelajaran jarak jauh melalui media TV. Langkah ini dipilih sebagai jawaban atas kendala internet dan mahalnya pembelian paket data sebagian siswa.
 
Program ini dimulai Mulai dari 13 April hingga tiga bulan ke depan setiap harinya. Mendikbud, Nadiem Makarim menyebut, selain program pembelajaran, akan ada juga program bimbingan kepada orang tua untuk mendampingi anak belajar di rumah.
 
Siaran "Belajar dari Rumah" dimulai dari pukul 8.00 hingga 10.30 WIB. Dalam kurun waktu tersebut, sasarannya dimulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA maupun SMK.
 
Sedangkan pada pukul 10.30 hingga 11.00 WIB, Orang Tua akan menjadi sasaran progam ini. Selanjutnya program akan dimulai lagi pada rentang pukul 19.00-22.30 untuk umum dengan format film.
 
Namun, khusus Sabtu dan Minggu tayangan akan diisi dengan gelar wicara atau talkshow, pertunjukan budaya hingga film. Jam penayangan diatur serupa dengan penayangan dari Senin hingga Jumat.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif