Rektor UGM, Panut Mulyono saat live Instagram bersama @osc_medcom.  Foto: Tangkapan layar Instagram
Rektor UGM, Panut Mulyono saat live Instagram bersama @osc_medcom. Foto: Tangkapan layar Instagram

Kepercayaan Dunia Terhadap UGM Meningkat

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 23 Juni 2020 17:56
Jakarta: Peringkat yang dicapai Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Quacquarelli Symonds (QS), World University Rangking (WUR) 2021 berbuah manis bagi kampus serta seluruh sivitas akademikanya. Salah satunya semakin meningkatnya kepercayaan dunia terhadap UGM dalam menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi papan atas dunia lainya.
 
“Ini tentu mempermudah menjalin kerja sama dengan mitra-mitra perguruan tinggi papan atas,” kata Rektor UGM Panut Mulyono dalam Live Instagram bertema "Menjadi Kampus Terbaik, UGM Makin Dilirik" di akun @osc_medcom.id, Selasa, 23 Juni 2020.
 
Panut menjelaskan, bahwa prinsip menjalin kerja sama dengan universitas luar negeri biasanya dicari dengan yang satu level. Karena perguruan tinggi sangat memperhitungkan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mereka juga berhitung kalau kerja sama dengan siapa, kemudian muncul benefitnya apa, sehingga pasti berhitung tentang level, kalau melamar (kerja sama) dengan yang terlalu jauh itu juga akan sulit,” ungkapnya.
 
Baca juga:Terbaik di Indonesia, UGM Melejit ke Peringkat 250 Dunia
 
Lebih lanjut ia menuturkan bahwa keuntungan lain dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia adalah UGM bisa mendapatkan input calon-calon mahasiswa terbaik. Sebab, persaingan masuk UGM akan semakin kompetitif dan nantinya calon mahasiswa terbaiklah yang akan diterima.
 
Ini, kata Panut, juga berdampak positif bagi mahasiswa UGM itu sendiri, karena kualitasnya menjadi teruji dan terbukti,serta disokong reputasi di tingkat dunia. Mahasiswa akan mudah melanjutkan studi ke luar negeri, melakukan pertukaran pelajar, bahkan riset bersama.
 
“Profesor di luar negeri melihat lulusan mana toh ini, jadikalau di universitas-universitas yang sudah dikenal oleh mitra kita di luar negeri, akan memudahkan lulusan kita yang mau melanjutkan studi ke luar negeri,” terangnya.
 
Sebelumnya, berdasrakan QS WUR 2021 UGM melejit naik ke peringkat 254 dunia. Peringkat ini membuat UGM berada di puncak sebagai kampus terbaik di Indonesia.
 
Pemeringkatan yang dilakukan oleh QS ini didasarkan pada enam kriteria utama, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty-students ratio, international faculty, dan international students.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif