Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: YouTube
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: YouTube

Nadiem Butuh Dorongan Lintas Kementerian untuk Sokong PJJ

Pendidikan Virus Korona Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 14 Mei 2020 16:43
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng berbagai kementerian guna meningkatikan kualitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kerja sama lintas kementerian ini dipercaya mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ada di PJJ selama pandemi covid-19 ini.
 
"Kami melakukan kerja sama pada lintas kementerian dalam menyelesaikan permasalahan masing-masing untuk menunjang pembelajaran siswa di masa ini," kata Mendikbud, Nadiem Makarim dalam Konferensi Video Media Briefing tentang 'Adaptasi Sistem Pendidikan Selama Covid-19', Kamis 14 Mei 2020.
 
Salah satunya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Menurutnya Kominfo dan kementrian lainnya bisa menunjang keberlangsungan PJJ dengan caranya masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melihat harus ada penyelesaian pembangunan infrastruktur dalam sistem pendidikan. Untuk teknologi, internet, dan komunikasi tentu membutuhkan dorongan dari kementerian lain," terangnya.
 
Sisanya, pihaknyalah yang akan bergerak dalam hal pengajaran dan memastikan kualitas pendidikan berjalan baik. Pihaknya, kata Nadiem, harus melakukan percepatan agar pendidikan tetap berlangsung baik selama masa pandemi.
 
Baca juga:Nadiem: Mengukur Efektivitas Belajar Daring Butuh Waktu
 
Salah satu langkah mitigasi dilakukan saat terjadi kesenjangan teknologi dan akses internet. Salah satunya dengan mengerahkan stasiun TV nasional, TVRI. Pihaknya menyalurkan konten pendidikan lewat TV.
 
"Ini sebagai akses yang luas dan mudah dijangkau. Sehingga banyak anak mempunyai kesempatan belajar dari TV di saat tidak punya akses internet," ujar Nadiem.
 
Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah pusat diharapkan menjadi inspirasi bagi pihaknya di daerah. Dia berharap daerah memunculkan berbagai alternatif sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daerah tersebut.
 
Dia merasa bersyukur, saat ini sudah banyak daerah yang bergerak secara mandiri. Dia mengapresiasi langkah-langkah tersebut, karena telah mendorong terselenggaranya pendidikan.
 
"Saya sudah melihat gerakan akar rumput para guru di daerah-daerah terpencil yang menerapkan kebijakan pengajaran dari pintu ke pintu. Dan ini sangat mengharukan, sekaligus menginspirasi guru-guru lain di daerah lain untuk mengambil inisiatif yang sama," kata dia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif