Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani. Tangkapan layar.
Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani. Tangkapan layar.

Upaya Hadirkan Internet di Daerah 3T Lewat Mobil Klinik Spada Dikti

Pendidikan Pembelajaran Daring Pembelajaran jarak jauh Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 21 September 2021 17:10
Jakarta: Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring masih terus berlangsung akibat pandemi covid-19. Keberadaan internet pun menjadi 'nyawa' bagi keberlangsungan PJJ tersebut.
 
Namun, sejumlah daerah di Indonesia masih belum tersentuh akses internet. Masih terdapat blank spot internet, utamanya di daerah Tertinggal, Terdalam dan Terluar (3T).
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencoba menghadirkan internet di wilayah 3T tersebut. Salah satunya, dengan mendesain mobil yang mampu membawa sinyal internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kami buat dengan nama mobil klinik sistem pembelajaran daring (Spada) pendidikan tinggi (Dikti). Jadi ini dia fasilitas internet dan satelitnya bisa jalan ke tempat mahasiswa berada," ujar Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani dalam konferensi pers daring, Selasa, 21 September 2021.
 
Baca: Kompetisi Olahraga Nasional 2021 Dibuka, 7.000 Siswa Siap Bertanding
 
Paris mengatakan, mobil itu dilengkapi dengan teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT). Teknologi VSAT ini mampu memancarkan sinyal internet. "Jadi mobil itu sekaligus menjadi tempat pembelajaran daring bisa berkeliling ke tempat mahasiswa," terang dia.
 
Paris mengatakan, Kemendikbudristek juga akan menyediakan tablet EduDikti ke wilayah 3T. Nantinya, mahasiswa tak perlu memiliki akses internet lagi ketika belajar melalui tablet tersebut.
 
"Kami meminta tolong kepada teman-teman di PTN dan PTS membuat modul lengkap semester satu sampai delapan agar teman-teman daerah 3T tidak usah mencari sinyal karena bahan belajar ada di dalam tablet tersebut," terangnya.
 
Kemudian, pihaknya juga berupaya vaksinasi tenaga pendidik terjadi saat pembagian tablet EduDikti, seiring berjalannya mobil klinik Spada Dikti ke daerah 3T. Pihaknya pun telah mempersiapkan mobil vaksinasi keliling.
 
"Jadi mobil ini dilengkapi peralatan vaksinasi dan bisa berkeliling. Dan alhamdulillah kemarin mobil ini juga sudah mendukung vaksinasi di DKI Jakarta," tutur Paris.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif