Sekolah Harus Bangun Rasa Percaya Diri Siswa
Ilustrasi pementasan. Foto: Global Sevilla
Jakarta: Kepercayaan diri penting bagi peserta didik. Modal ini sebagai bekal siswa untuk bisa membentuk karakter saat beranjak dewasa. 

Salah satu kegiatan yang bisa membangkitkan kepercayaan diri adalah pendidikan kesenian. Tak ayal, Sekolah Global Sevilla menekankan pendidikan karakter melalui kegiatan kesenian. Salah satunya adalah menggelar pentas drama musikal yang dimainkan sepenuhnya oleh siswa.


"Tujuannya supaya anak-anak berani tampil di depan publik dan rasa percaya diri mereka tumbuh," ujar Direktur Sekolah Global Sevilla, Robertus Budi Setiono, di sela-sela pagelaran drama musikal SD Global Sevilla Puri Indah berjudul 'Double Muggle Trouble', di Jakarta, seperti dalam keterangan tertulis, Minggu, 11 Maret 2018.

Ia menyadari bahwa pola pendidikan di sekolah sejatinya tidak hanya mendorong anak-anak berprestasi di bidang akademik. Oleh karena itu, mengasah keterampilan dan talenta anak perlu juga terus dilakukan.

"Tidak semua anak pintar dalam urusan akademik, tapi ada juga yang pintar dalam hal nonakademik. Maka dari itu anak-anak perlu diberikan kesempatan untuk melakukan sesuatu di bidang lain," ucapnya.

Robert berpendapat proses pendidikan dapat dilakukan di mana pun, tidak melulu di dalam kelas. "Dan cara bermacam-macam," ujar dia.

SD Global Sevilla menggelar pementasan secara rutin. Selain untuk membangkitkan rasa percaya diri anak, pementasan juga efektif melatih keterampilan anak dalam berbahasa Inggris. Pasalnya, seluruh dialog dalam drama tersebut menggunakan bahasa Inggris.

"Ada juga tambahan nilai siswa. Kita mengemas pelajaran berbasis karya," katanya.

Selain itu, ada nilai-nilai positif yang diajarkan dalam setiap cerita pementasan. "Ada pesan-pesan moral yang kita sisipkan dalam setiap karyanya," kata Robert.





(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id