Mendikbud, Nadiem Makarim (kiri) bersama Managing Director, Netflix Asia Kuek Yu-Chuang (kanan),  Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
Mendikbud, Nadiem Makarim (kiri) bersama Managing Director, Netflix Asia Kuek Yu-Chuang (kanan), Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan

Kemendikbud-Netflix Siap Boyong Penulis Naskah Film ke Hollywood

Pendidikan film indonesia
Muhammad Syahrul Ramadhan • 09 Januari 2020 14:56
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jalin kerja sama dengan penyedia layanan streamingNetflix untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dunia perfilman. Nantinya sebanyak 10 penulis naskah dalam negeri akan diboyong ke markas Netflix di Hollywood.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, nantinya kesepuluh penulis naskah yang mengikuti program ‘Script to Screen’ akan digodok kemampuannya dalam membuat naskah film. Selain itu juga akan mendapatkan ilmu produksi dan post produksi film.
 
Mereka juga bakal bisa berinteraksi dengan anggota kreatif global lainnya. “Untuk peningkatan kapasitas bagi talenta-talenta film Indonesia itu yang sebenarnya terpenting. Akan meng-unlock potensi industri perfilman Indonesia dan kita memamerkan budaya kita. Budaya modern dan tradisi,” kata Nadiem di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara detail program kerja sama ini selain program Script to Screen juga meliputi penulisan kreatif, pelatihan pascaproduksi. Kemudian ada undangan untuk mengirim skrip film serta pelatihan bidang keamananonline juga tata kelola untuk memghadapi pertumbuhan industri kreatif yang dinamis.
 
Total dana yang digelontorkan oleh Netflix mencapai USD1 juta atau setara Rp14 miliar. Managing Director, Netflix Asia Kuek Yu-Chuang berharap dengan kerja bareng dengan Kemendikbud ini bisa menghasilkan generasi anyar sineas Indonesia.
 
“Kami percaya akan ada banyak cerita hebat dihasilkan dari Indonesia, melalui inisiatif ini kami ingin berkontribusi pada pertumbuhan komunitas kreatif Indonesia. Netflix juga berharap cerita-cerita tersebut bisa membawa tema-tema unik mengenai Indonesia dan dapat dinikmati oleh masyarakat dunia,” ungkapnya.
 
Nantinya program yang baru dimatangkan untuk detailnya ini juga akan ada workshop mengenai pengembangan cerita dan penulisan skenario. Kemudian akan ada undangan untuk mengirim konsep cerita pendek yang pemenangnya akan dibiayai untuk naik produksi dan bakal ditayangkan di Netflix.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif