NEWSTICKER
Hand sanitizer buatan UI. Foto: UI/Dok. Humas
Hand sanitizer buatan UI. Foto: UI/Dok. Humas

FKUI: RSCM dan RS Persahabatan Kekurangan Hand Sanitizer

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 20 Maret 2020 15:46
Jakarta: Kebutuhan hand sanitizer atau cairan antiseptik terus meninggi. Bahkan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan RS Persahabatan mengalami kekurangan hand sanitizer.
 
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) terus menyuplai kebutuhan tersebut. FKUI sejauh ini terus memproduksi hand sanitizerbuatannya sendiri.
 
"Kita sudah menghasilkan 600 liter hand sanitizer. Untuk kepentingan rumah sakit saja masih kurang. Jadi kita penuhi dulu yang di rumah sakit," kata Dekan FKUI, Ari Fahrial dalam video conference, Jumat 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengaku, jika produk FKUI ini memang lebih diprioritaskan untuk tenaga medis. Sebab tenaga medis ialah pihak yang sangat mudah tertular.
 
"Merekalah yang paling berisiko tertular. Belum lagi dokter-dokter yang menangani kasus lain tentu juga bisa tertular," lanjut dia.
 
Dalam produksinya mereka memanfaatkan sistem donasi dan relawan yang mau membantu produksi. Dia berharap produksi akan semakin besar
 
"Dengan begitu, nantinya kita juga dapat memenuhi hingga masuk kepada kebutuhan masyarakat," ujarnya.
 
Baca juga:Hand Sanitizer Buatan UI Bakal Dibagikan Gratis
 
Sebelumnya,Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Kimia Kedokteran FKUI memproduksi sebanyak 420 liter hand sanitizer yang nantinya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Proses produksi sudah dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020 di Laboratorium Departemen Kimia FKUI kampus Salemba.
 
Hand sanitizer ini sebelumnya sudah dikembangkan dan dimiliki oleh Departemen Kimia Kedokteran FKUI dengan nama Kimi Hand-Care. "Produk ini diserahkan ke donatur dan dibagikan ke Rumah Sakit, klinik, kantor dan sekolah," jelas Kepala Departemen Kimia Kedokteran FKUI, Ade Arsianti dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Program penggalangan donasi hand sanitizer ini diinisiasi oleh tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Fadilah serta didukung oleh segenap staf di Departemen Kimia Kedokteran FKUI. Program ini juga berangkat dari langkanya keberadaan produk tersebut di pasaran sejak mewabahnya virus Korona.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif