Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kenormalan Baru Ubah Metode Belajar, Infrastruktur Mendesak Diperbaiki

Pendidikan Metode Pembelajaran Kenormalan Baru
Ilham Pratama Putra • 03 Juni 2020 13:14
Jakarta: Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Cecep Darmawan menyebut tatanan kenormalan baru dalam dunia pendidikan akan membawa perubahan besar dalam metode pembelajaran. Menurutnya, momentum ini bakal mendukung sistemblanded learningyang membawa dunia pendidikan lebih inovatif dalam penyampaian materi ajar.
 
"Kemendikbud pun dapat menerapkan proses pembelajaran di sekolah dengan sistemshift,e-learning,on-off learning,daring-luring," ungkap Cecep dalam konferensi video, Rabu 3 Juni 2020.
 
Meski nantinyablended learningditerapkan, bukan berarti Kemendikbud tak perlu memperhatikan infrastruktur pendidikan. Perbaikan infrastruktur belajar daring pun semakin mendesak untuk dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terutama yang mendukung proses ini (blended learning). Jadi tetap harus ada dukungan anggaran pendidikan yang memadai," jelasnya.
 
Baca juga:Perlu Ada Panduan Pengasuhan Anak di Masa Kenormalan Baru
 
Kenormalan baru (new normal), kata Cecep. juga bakal mengubah pola pikir (mindset) dunia pendidikan. Pencapaian pembelajaran bukan lagi menjadi tujuan utama.
 
"Yang sebelumnya lebih berorientasi pencapaian kurikuler menjadi konsep pembelajaran merdeka," kataDirektur Centre for Education and Human Resources Quality Improvement (CEQU) Darul Hikam itu.
 
Menurutnya satuan pendidikan, orang tua dan guru lebih merdeka menentukan hal apa yang ingin dicapai dari sebuah pembelajaran. Termasuk merdeka dalam menentukan seperti apa proses pembelajaran yang tepat guna mencapai sebuah kompetensi.
 
Selanjutnya, Kemendikbud harus melakukan monitoring dan evaluasi secara komprehensif terhadap penyelenggaraan pembelajaran daring di dunia pendidikan. Agar kenormalan baru di dunia pendidikan bisa berjalan dengan baik.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif