Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Mahasiswa Unand Terdampak Pandemi Bisa Ajukan Keringanan UKT

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 06 Januari 2021 10:28
Padang: Universitas Andalas menerbitkan Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2021 terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Diploma III dan Sarjana yang terdampak pandemi covid-19. Peraturan itu berisi keringanan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa terdampak.
 
Mengutip siaran pers Unand, mahasiswa atau orang tua dan wali yang membiayai mengalami penurunan kemampuan ekonomi karena pandemi covid-19, dapat mengajukan keringanan pembayaran UKT. Pengajuan bisa berupa pembebasan sementara UKT, penurunan level/perubahan kelompok UKT, dan pembayaran UKT secara mengangsur.
 
Pasal 3 Huruf a mengatur, pembebasan sementara UKT dapat diberikan kepada mahasiswa, orang tua atau wali yang terinfeksi covid-19. Sedangkan, untuk pembebasan sementara UKT berlaku untuk semester bersangkutan dan harus dilengkapi dengan surat keterangan atau hasil tes positif dari lembaga yang berwenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, untuk penurunan level UKT, diberikan kepada mahasiswa yang orang tua atau wali, mengalami dampak ekonomi secara langsung berupa menurunnya pendapatan secara signifikan akibat covid 19. Misalnya, jadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK), meninggal dunia, atau mengalami pailit.
 
"Dapat diberikan penurunan level UKT sampai mahasiswa tersebut menyelesaikan studinya," bunyi siaran pers Unand yang dikutip Rabu, 5 Januari 2021.
 
Baca: Hingga 17 Januari, Masuk Kampus Unair Harus Bawa Hasil Swab
 
Penurunan level UKT harus dilengkapi dengan dokumen surat keterangan kematian orang tua atau wali dari instansi yang berwenang, surat keterangan PHK dari instansi yang berwenang, dan surat keterangan pailit dari instansi yang berwenang.
 
Kemudian, pembayaran UKT secara mengangsur dapat diberikan kepada mahasiswa yang orang tuanya mengalami penurunan kemampuan ekonomi akibat pandemi covid 19. Pembayaran UKT secara mengangsur dapat menggunakan sistem angsuran tahap pertama 50 persen dari besaran UKT dan 25 persen dari besaran UKT,
 
"Pembayaran UKT secara mengangsur harus dilengkapi dokumen surat keterangan penghasilan sebelum dan setelah pandemi covid 19 dari instansi yang berwenang," tulis Unand.
 
Permohonan keringanan pembayaran UKT diajukan mahasiswa kepada Dekan dengan diketahui orang tua atau wali yang dilengkapi dengan dokumen pendukungnya.
 
Selanjutnya, Dekan akan melakukan verifikasi dan meneruskan permohonan kepada Rektor. Kemudian, Rektor akan menindaklanjuti permohonan tersebut dengan keputusan menerima atau menolak permohonan berdasarkan hasil verifikasi kebenaran pemohon.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif