NEWSTICKER
SDN Cirimekar 02 Cibinong yang roboh usai diguyur hujan lebat di malam pergantian tahun. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
SDN Cirimekar 02 Cibinong yang roboh usai diguyur hujan lebat di malam pergantian tahun. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

SDN Cirimekar 02 Keburu Roboh Sebelum Direnovasi Total

Pendidikan sekolah ambruk sekolah rusak
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Januari 2020 18:18
Bogor: Tepat di 1 Januari 2020 lalu SD Negeri Cirimekar 02 Cibinong, Bogor Jawa Barat ambruk usai diguyur hujan lebat dan angin kencang. Bangunan sekolah ini seharusnya akan direnovasi total tahun ini, namun keburu roboh sebelum renovasi tersebut sempat terwujud.
 
Nantinya, seluruh bangunan sekolah akan dirobohkan untuk direhabilitasi total. Selain itu juga diketahui, bahwa kontur tanah di sekolah labil.
 
"Proses pembangunan Cirimekar 02 masuk list tahun ini untuk rehab total. T etapi Dengan kondisi seperti ini, kita ganti dua tingkat, tujuh lokal. Itu diberikan tahun ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Jawa Barat, Entis Sutisna di Cibinong, Bogor, Senin, 6 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total dana yang digelontorkan untuk membangun ulang SDN Cirimekar 01 ini mencapai Rp1,38 miliar. Recananya Maret 2020 pembangunan sudah dimulai dan ditargetkan tuntas dalam waktu 100 hari.
 
Untuk sementara Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dilaksanakan di SD Negeri 01 Cirimekar Cibinong. Namun di hari pertama ini KBM masih dilaksanakan di bawah tenda darurat.
 
"Besok kita akan numpang di salah satu SD, di SD Cirimekar 01 di dekat kecamatan," kata Kepala Sekolah SDN Cirimekar 02, Siti Choeriah.
 
Siti mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan SDN Cirimekar 01 dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Sementara untuk orang tua, Siti juga sudah melakukan musyawarah.
 
"Kalau seumpama ada ortu siswa yang mengeluh ya kita musyawarahkan aja. Pendekatan ke orang tua. Kan musibah enggak ada yang tahu ya," jelasnya.
 
Sebelumnya,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim akhirnya menyambangi sekolah SDN Cirimekar 02, Cibinong, Kabupaten Bogor. Sekolah ini roboh usai diterjang hujan lebat sejak 1 Januari 2020 lalu.
 
Tiba di lokasi, Nadiem langsung melihat unit bangunan yang roboh. Usai melihat kondisi bangunan mendikbud langsung menyapa siswa yang sedang belajar di tenda darurat.
 
Saat menyapa siswa, Nadiem meminta anak-anak untuk bersabar dengan musibah yang menimpa sekolahnya. Ia berharap peristiwa ini tak membuat kegiatan belajar mengajar di hari pertama sekolah setelah liburan akhir semester menjadi terganggu.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif