Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Ahmad Mustaqim.
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Ahmad Mustaqim.

Perubahan Jadwal UTBK Belum Diterapkan Tahun Ini

Pendidikan Pendidikan Tinggi UTBK
Intan Yunelia • 18 Agustus 2019 09:09
Jakarta:Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menyampaikan wacana perubahan jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar lebih awal belum akan diterapkan tahun ini. Pernyataan ini disampaikan Nasir, merespons kegelisahan peserta didi yang menilai terlalu mendadak jika wacana tersebut diterapkan tahun ini.
 
“Untuk UTBK, perlu saya sampaikan kepada para siswa untuk tidak perlu khawatir akan wacana jadwal UTBK dimajukan. Karena hal ini tidak akan dilaksanakan tahun ini,” kata Nasir dikutip dari Instagram resmi @ristekdikti, Minggu, 18 Agustus 2019.
 
Wacana menggelar UTBK lebih awal, yang sebelumnya disampaikan di saat siswa semester lima ini diakui Nasir masih butuh persiapan dan pertimbangan matang. Kemenristekdikti tidak akan mengambil kebijakan secara sepihak, tanpa mendiskusikannya dengan pemangku kepentingan terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ada tahapan dalam membuat kebijakan, tidak serta merta diterapkan tanpa tahapan sosialisasi terlebih dahulu. Kemenristekdikti tidak akan menerapkan sebuah kebijakan tanpa kajian matang dan tahapan sosialisasi. Baik kepada perguruan tinggi maupun pihak sekolah,” ujar mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini.
 
Baca:Menristekdikti Berharap UTBK Maju di Semester Lima
 
Namun Nasir menegaskan, bahwa salah satu pertimbangan wacana perubahan jadwal UTBK yang digelar lebih awal ini untuk mengantisipasi talenta-talenta terbaik anak bangsa melanjutkan studi ke luar negeri. Pasalnya, beberapa perguruan tinggi asing di Australia, Singapura dan Amerika biasanya memulai proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di akhir tahun.
 
“Karena berdasarkan data, banyak lulusan SMA sederajat yang berkualitas pada bulan Desember dan Januari itu sudah diambil oleh perguruan tinggi asing. Penerimaan mahasiswa baru di luar negeri sudah dimulai sekitar bulan Desember," tuturnya.
 
Baca:LTMPT Gelar Rapat Akhir Agustus Bahas Jadwal UTBK 2020
 
Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir kembali mengusulkan agar penerimaan mahasiswa baru, utamanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dimajukan menjadi akhir 2019. Dengan begitu, pada awal 2020, para siswa diharapkan sudah mengetahui dirinya diterima di perguruan tinggi dan prodi tertentu.
 
“Kita ambil sekitar November-Desember. Jadi Januari sudah ada kepastian diterima perguruan tinggi di Indonesia, jadi siswa tinggal kejar Ujian Nasional (UN) mereka,” kata Nasir kepada Medcom.id di Jakarta, Senin, 12 Agustus 2019.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif