Ilustrasi.  Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Kemendikbud Dorong Pelibatan Orang Tua dalam Pendidikan

Pendidikan pendidikan anak
Muhammad Syahrul Ramadhan • 26 November 2019 20:50
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong pelibatan orang tua dalam proses belajar anak. Bahkan hal itu ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang konsep Guru dan Orang Tua Penggerak dalam proses pendidikan anak.
 
Direktur Pembinaan Pendidikan Dasar, Kemendikbud, Khamim menegaskan hal itu di sela-sela acara Faber Castell Family Art Competition 3 di Jakarta. Menurut Khamim, kompetisi ini merupakan salah satu wujud pelibatan orang tua dalam proses belajar anak.
 
"Inovasi menggabungkan antara peserta didik dan orang tua itu terobosan. Itu juga sebagai cara untuk mendekatkan anak-anak dengan para orang tua," kata Khamim dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa, 26 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kompetisi yang digelar oleh Faber Castell ini juga merupakan salah satu bukti bahwa pihak swasta turut mengambil peran dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Dalam hal ini, Faber dinilai telah membantu pemerintah dalam pendidikan seni kepada peserta didik
 
Namun, pelibatan pihak swasta juga diperlukan untuk mewujudkan pendidikan yang semakin berkualitas dan merata. "Jadi kegiatan ini bisa berdampak peningkatan pendidikan seni anak-anak Indonesia pada umumnya," kata Khamim.
 
Khamim juga mengatakan, kompetisi ini merupakan bagian dari pendidikan karakter. Mengajak anak-anak untuk bisa berkompetisi secara sehat," imbuhnya.
 
Sementara itu, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen mengatakan, Faber-Castel Family Art Competitions merupakan perlombaan yang melibatkan keluarga dengan peserta yang sangat masif. Richard berharap kegiatan tersebut memberikan nilai positif di banyak keluarga.
 
"Lomba ini kami rancang dengan mengedapankan kerja sama antara orang tua dan anak, di mana orang tua dan anak nantinya dapat mewarnai dan membuat prakarya secara bersama-sama, sehingga kami harapkan dapat membangun waktu yang berkualitas bagi keluarga," ujarnya.
 
Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung mulai Oktober 2019 hingga April 2020 mendatang. Terkait mekanisme pelaksanaan lomba, dari setiap perlombaan yang diadakan per kota akan terpilih pemenang 1-3, hingga harapan. Dengan mendapatkan beragam hadiah uang tunai dan produk.
 
Nantinya setiap karya dari juara pertama per kota akan kembali dikompetisikan di tingkat area, yang terbagi atas Sumatra, Jawa dan Indonesia Timur, sehingga akan terpilih delapan Pemenang Nasional yang akan memperoleh hadiah utama berwisata ke Hongkong pada September/Oktober 2020 mendatang.
 
Untuk informasi mengenai lokasi dan tanggal pelaksanaan dari kegiatan ini, dapat dilihat melalui laman, www.lombagambar.com atau melalui sosial media milik Faber-Castell di Facebook atau Instagram Faber-Castell Creative Kids.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif