Tampilan laman Rumah Belajar. Medcom.id/Citra Larasati.
Tampilan laman Rumah Belajar. Medcom.id/Citra Larasati.

'Rumah Belajar' Versi Inggris Bidik Pengguna di ASEAN

Pendidikan Metode Pembelajaran
Antara • 23 Juli 2019 13:59
Selangor: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperkenalkan platform digital 'Rumah Belajar' pada sidang konferensi Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Council di Selangor, Malaysia, Selasa, 23 Juli 2019. Portal belajar ini akan diisi dengan konten-konten barbahasa Inggris, agar dapat diakses oleh pengguna yang lebih luas lagi, utamanya di negara-negara kawasan ASEAN.
 
"Dengan 'Rumah Belajar' bisa mengakses konten-konten pembelajaran. Juga bisa menjadi ajang saling berbagi konten pembelajaran dengan negara lain," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi.
 
Sidang SEAMEO Council dihadiri para menteri dan pejabat tinggi kementerian pendidikan dari sejumlah negara anggota. Kemendikbud akan membuat konten-konten pembelajaran untuk versi berbahasa Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan 'Rumah Belajar', siapapun bisa belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. 'Rumah Belajar' dapat diakses melalui aplikasi maupun situs. Dalam aplikasi tersebut terdapat setidaknya 40.000 materi pembelajaran baik berupa video, presentasi, audio, hingga bank soal.
 
Di Indonesia sendiri, 'Rumah Belajar' sudah diakses sebanyak 24,6 juta pengguna. Pihaknya
menargetkan bisa meningkatkan jumlah pengunjung hingga 50 juta pengunjung dalam waktu dekat.
 
Baca:Kemendikbud Kembali Gelar 'Anugerah Kihajar'
 
Didik berharap dengan 'Rumah Belajar' versi Inggris maka semakin banyak anak-anak yang mengakses, terutama dari negara-negara anggota ASEAN. Konferensi SEAMEO Council ke-50
diselenggarakan di Selangor, Malaysia, 22-25 Juli 2019.
 
SEAMEO merupakan organisasi menteri pendidikan Asia Tenggara. SEAMEO telah beranggotakan 10 negara anggota ASEAN dan Timor Leste. Sedangkan SEAMEO Council merupakan badan pembuat kebijakan SEAMEO yang bersifat mengikat bagi anggotanya termasuk program dan anggaran organisasi harus mendapat persetujuan Council.
 
Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kemendikbud yang berisi lebih dari 12.934 materi belajar. Portal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar yang lebih interaktif di kelas.
 
Portal ini juga dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar alternatif, baik itu di dalam dan luar jam sekolah. DI dalam portal Rumah Belajar terdapat sejumlah fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar dan Laboratorium Maya.
 
Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif untuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki. Laboratorium Maya bisa digunakan secara online maupun offline.
 
Laboratorium maya memberikan kesempatan kepada guru ataupun siswa untuk melakukan praktikum baik melalui internet secara langsung atau tanpa akses internet dengan cara mengunduh aplikasi laboratorium maya tersebut. Sehingga guru ataupun siswa dapat menggunakan laboratorium virtual ini di mana saja dan kapan saja.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif